[ANALISIS] Gempa Majene Dipicu Sesar Naik Mamuju, Ada Potensi Gempa Susulan 7 SR, Ini Berdekatan Sumber Tsunami 1969

Penulis: Eddy Mesakh

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
Mobil Warga tertimpa bangunan runtuh akibat Gempa Bumi 6,2 SR yang berpusat di Majene Silawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dinihari.
Mobil Warga tertimpa bangunan runtuh akibat Gempa Bumi 6,2 SR yang berpusat di Majene Silawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dinihari.

Di sisi lain, BMKG juga mengatakan bahwa gempa bumi susulan masih akan terjadi seperti lazimnya pasca terjadi gempa kuat.

Oleh karena itu masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang kekuatannya signifikan.

Selain itu, gempa susulan signifikan juga dapat memicu adanya longsoran landslide dan runtuhan batu rockfall, sehingga masyarakat di kawasan perbukitan dengan tebing curam agar selalu waspada.

Belajar dari sejarah bahwa pesisir Majene pernah dilanda gelombang tsunami yang dipicu adanya gempa bumi seperti pada tahun 1969, maka masyarakat khususnya yang berada di wilayah pantai atau pesisir agar waspada. Apabila merasakan gempa bumi kuat agar segera menjauhi pantai.

Untuk terus meningkatkan kewaspadaan, masyarakat juga diminta agar tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atau hoax mengenai prediksi dan ramalan gempa bumi yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami.

Seperti dilaporkan sebelumnya, gempa Bumi kuat berskala 6,2 SR mengguncang Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) pada pukul 02:28:17 Wita.

Gempa berpusat di darat pada kedalaman 10 kilometer, koordinat 2,98 LS 118.98 BT. Itu sekitar 6 kilometer arah Timur Laut Majene.(*)

Gempa 6,2 SR Majene, Bencana Alam, Dampak Gempa Bumi Majene, Dampak Gempa Majene, gempa, Gempa Bumi, Gempa Kuat, Gempa Majene, Gempa Mamuju, Kepala BNPB Doni Monardo, Korban Gempa Majene, Korban Tewas Gempa Majene, Majene-Mamuju, sulawesi barat, Surya Kepri, Bencana Alam, Mamuju-Majene, Sulawesi Barat, Korban Gempa Majene, Analisis Gempa Bumi Majene, Gempa Susulan 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.