Risiko Kematian Tujuh Kali Lipat pada Pasien yang Kembali Terinfeksi Covid-19 Setelah Sembuh

Penulis: Eddy Mesakh

Ilustrasi pasien Covid-19
Ilustrasi pasien Covid-19
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Risiko kematian tujuh kali lipat pada pasien Covid-19 yang kembali terinfeksi virus corona setelah sembuh. Demikian hasil riset terbaru di Inggris, seperti dilaporkan Guardian, Selasa (19/1/2021).

Hampir 30 persen pasien Covid-19 di Inggris yang sudah dinyatakan sembuh, ternyata kembali terinfeksi virus corona dan harus kembali menjalani perawatan di rumah sakit.

Itu menunjukkan bahwa angka pasien sembuh yang masuk kembali sebesar 3,5 kali lebih besar dari pasien baru dan angka kematian tujuh kali lebih tinggi.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa hampir sepertiga orang yang sudah keluar dari rumah sakit di Inggris setelah dirawat karena Covid-19, diterima kembali dalam waktu lima bulan – dan hampir satu dari delapan di antaranya meninggal dunia.

BACA JUGA:

Riset tersebut, yang masih menjadi peer-review, juga menemukan risiko yang lebih tinggi dari masalah berkembang di berbagai organ setelah keluar rumah sakit pada mereka yang lebih muda dari 70 dan individu etnis minoritas.

“Ada begitu banyak pembicaraan tentang semua orang yang meninggal karena Covid … tetapi kematian bukanlah satu-satunya hasil yang penting,” kata Dr Charlotte Summers, dosen kedokteran perawatan intensif di Universitas Cambridge yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Gagasan bahwa kita memiliki tingkat peningkatan risiko pada orang – terutama orang muda – itu berarti kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

Tidak ada konsensus tentang skala dan dampak “panjang Covid”, tetapi para ilmuwan menggambarkan bukti yang muncul sebagai hal yang mengkhawatirkan.

Kembali Terinfeksi Lebih Berisiko Fatal 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.