Gusdurian Batam Gelar Haul Gus Dur ke-11, Ingin Bumikan Lagi Kemanusiaan dan Kemajemukan

Acara silaturahmi dan diskusi Haul Gus Dur ke-11 oleh Gusdurian Batam, Sabtu (23/1).(suryakepri.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Kaum Gusdurian Batam menggelar acara silaturahmi dan diskusi dalam rangka Haul Gus Dur ke-11 bertempat di Gazebo Guyub Rukun, Perumahan Graha Nusa Batam, Sagulung, Kota Batam, Kepri, Sabtu (23/1) malam.

Acara yang dihadiri puluhan Gusdurian Batam ini mengangkat tema “Melahirkan Solidaritas Kemanusiaan untuk Negeri”, sebagaimana yang menjadi komitmen KH Abdurrahman Wahid, sang Guru Bangsa.

Dalam acara diskusi ringan sekaligus silaturahmi ini, menghadirkan nara sumber dari Jakarta, antara lain AS Hikam, Budiman Sudjatmiko, Sastro Al Ngatawi (Gus Sastro), DR Zainul Hamdy, DR M Zainuddin dan Cak Yuska.

Baca: Peduli Sesama, Polres Tanjungpinang Berbagi di Akhir Pekan

Baca: Dugaan Tindakan Intoleransi di SMKN 2 Padang, Kemendikbud Bersikap

Baca: Sandiaga Uno Dukung 100 Persen Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Batam.

Para narasumber tersebut memaparkan pandangan-pandangannya melalui media zoom.

Ketua Panitia yang juga tokoh Gusdurian Batam, Dwi Suryo kepada Suryakepri.com, Sabtu malam mengungkapkan, agenda ini sengaja digelar guna kembali membumikan ajaran tentang silaturahmi dan kemajemukan.

“Kemajemukan, keberagaman dan membumikan nilai-nilai kemanusiaan sangatlah penting saat ini. Apalagi saat ini dalam situasi pandemi, dimana semua pola komunikasi telah berubah,” kata Dwi Suryo.

Dikatakan, pada masa normal silaturahmi bisa dilakukan dengan jabat tangan dan temu fisik. Namun di masa pandemi, semua dibatasi.

Haul Gus Dur ke-11 di Batam digelar oleh Gusdurian Batam, Sabtu (23/1) malam.(suryakepri.com)

Bahkan, komunikasi lebih banyak dilakukan secara daring maupun media sosial.

Dengan pola interaksi yang demikian, diakui ada nilai-nilai yang dikhawatirkan bergeser dalam pola pergaulan sosial di masyarakat.

Untuk itu kaum Gusdurian Batam ingin bahwa nilai silaturahmi, solidaritas kemanusiaan dalam keberagaman itu, sudah saatnya lebih di-breakdown, hingga tetap menjadi pegangan masyarakat dalam sehari-harinya.(pwk)

Editor: purwoko

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.