Buaya Putih Langka Tertangkap Kamera Sedang Berjemur

Penulis: Eddy Mesakh

Buaya siam putih yang terancam punah tertangkap kamera sedang berjemur di taman nasional terbesar di Thailand. Foto buaya itu dirilis pada Sabtu (23/1/2021). 
Buaya siam putih yang terancam punah tertangkap kamera sedang berjemur di taman nasional terbesar di Thailand. Foto buaya itu dirilis pada Sabtu (23/1/2021). 
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BANGKOK, SURYAKEPRI.COM  – Buaya siam putih yang terancam punah tertangkap kamera sedang berjemur di taman nasional terbesar di Thailand. Foto buaya itu dirilis pada Sabtu (23/1/2021).

Kemunculan buaya putih yang langka dan hampir punah ini adalah untuk kedua kalinya dalam satu dekade terakhir.

Reptil air tawar itu tertangkap kamera saat sedang berjemur di Taman Nasional Kaeng Krachan dekat perbatasan Thailand dengan Myanmar.

Buaya putih ini pernah berjaya di berbagai wilayah di Asia Tenggara, tetapi jumlahnya menurun drastis di wilayah tersebut.

BACA JUGA: 

Saat ini buaya putih ini terdaftar sebagai hewan yang terancam punah dalam daftar merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Petugas taman nasional memperkirakan hanya sekitar 20 ekor yang tersisa di alam liar karena perburuan dan hancurnya habitat asli mereka, tetapi pada hari Sabtu, cagar alam berbagi kabar baik yang langka.

Buaya tersebut – belum pernah terlihat sebelumnya oleh petugas – tertangkap kamera ketika dia merayap keluar dari air, sebelum nangkring di tepi sungai sambil membuka rahangnya lebar-lebar di bawah sinar matahari.

Rekaman itu diambil pada bulan Desember 2020 dan merupakan “bukti bahwa Taman Nasional Kaeng Krachan adalah kawasan penting untuk konservasi satwa liar,” kata Manoon Prewsoongnern, seorang manajer taman yang bekerja dengan LSM World Conservation Society.

Buaya tersebut diperkirakan memiliki panjang sekitar 3 meter, katanya, seraya menambahkan bahwa ini adalah penampakan kedua spesies dalam dekade terakhir.

“Buaya siam adalah predator, tetapi merupakan salah satu korban pertama dari kerusakan lingkungan, jadi penampakan itu … juga merupakan bukti bahwa lingkungan taman nasional masih asli,” kata Manoon.

Buaya yang terancam punah ini sangat dicari oleh para pemburu, yang memasok telur dan reptil dewasa ke peternakan di sekitar wilayah tersebut, di mana kulit mereka menjadi bahan baku ikat pinggang, sepatu, dan tas mewah.(*)

Buaya Putih, Buaya Langka, Buaya Siam, Surya Kepri, Taman Nasional Kaeng Krachan, Thailand   

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.