Para Ahli Nyatakan tak Ada Kematian di Eropa Terkait Langsung dengan Vaksin Covid-19

Penulis: Eddy Mesakh

Ilustrasi penyuntikan vaksin. (Foto dari Fool.com)
Ilustrasi penyuntikan vaksin. (Foto dari Fool.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

PARIS, SURYAKEPRI.COM –  Meskipun lusinan orang dilaporkan meninggal tak lama setelah mereka divaksinasi Covid-19, para ilmuwan mengatakan bukti yang tersedia sejauh ini tidak memberatkan vaksin anti-coronavirus baru.

Badan kesehatan menekankan bahwa sebagian besar kematian pasca vaksinasi adalah lansia, sudah rentan, dan sering sakit.

Berikut ulasan situasinya:

Lansia, Rentan. Norwegia memicu kekhawatiran minggu lalu ketika melaporkan 33 kematian dari sekitar 20.000 penghuni panti jompo yang telah menerima suntikan pertama vaksin Pfizer-BioNTech.
BACA JUGA:

Setidaknya 13 kematian tidak hanya sangat lanjut usia, tetapi juga dianggap lemah karena memiliki penyakit serius, kata Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia.

Meskipun belum ada analisis yang dilakukan tentang penyebab kematian, hal itu menunjukkan bahwa dengan orang lanjut usia dan rentan, efek samping normal vaksinasi seperti demam atau mual dapat berkontribusi.

Di luar Norwegia, berita tersebut menimbulkan keprihatinan yang meluas dan menimbulkan skeptisisme anti-vaksin, mendorong pihak berwenang untuk menekankan bahwa tidak ada hubungan yang tegas antara vaksin dengan kematian pasca-suntikan.

Di Prancis, dilaporkan pada Jumat (22/1) bahwa dari 800.000 orang yang divaksinasi, tercatat sembilan kematian penghuni panti jompo, di antaranya penghuni panti jompo yang sakit kronis.

Badan obat-obatan nasional ANSM mengatakan bahwa, berdasarkan bukti yang tersedia, “Tidak ada yang menyimpulkan bahwa kematian yang dilaporkan terkait dengan vaksinasi.”

Contoh lain termasuk 13 kematian lansia yang tercatat di Swedia dan tujuh di Islandia, semuanya tidak ada kaitannya dengan vaksinasi.

Di Portugal, seorang pekerja medis meninggal dua hari setelah diinokulasi, tetapi kementerian kehakiman mengatakan tidak menemukan hubungan langsung dengan vaksin.

Kementerian dalam negeri Prancis pada 18 Januari mencatat 71 “pengamatan kematian” di Eropa dari orang-orang yang disuntik, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pemantauan Berkesinambungan 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.