Deklarasi Mekah Diteken Ribuan Cendekiawan Muslim; Isinya Luar Biasa!

Penulis: Eddy Mesakh

Pernyataan itu menambahkan bahwa Deklarasi Mekah atau Piagam Mekah mendukung nilai-nilai kemanusiaan Islam. (SPA)
Pernyataan itu menambahkan bahwa Deklarasi Mekah atau Piagam Mekah mendukung nilai-nilai kemanusiaan Islam. (SPA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Pernyataan itu menegaskan bahwa Deklarasi Mekah mendukung nilai-nilai kemanusiaan Islam, termasuk toleransi, pemahaman dan kerja sama antar masyarakat dan negara, dan kebutuhan untuk menghormati keragaman dan perbedaan.

JEDDAH, SURYAKEPRI.COM – Liga Universitas Islam telah menyepakati pengesahan “Deklarasi Makkah” oleh Dewan Menteri Luar Negeri (CFM) Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Dikutip dari Arab News, Minggu (24/1/2021), menyebutkan bahwa Liga Universitas Islam mendukung deklarasi Piagam Mekah/Deklarasi Mekah diterbitkan di institusi agama, pendidikan, dan budaya di seluruh dunia Islam.

Pernyataan liga tersebut mengatakan bahwa keputusan CFM menegaskan keabsahan piagam bersejarah ini, ditandatangani dan didukung oleh 1.200 mufti dan 4.500 cendekiawan Muslim yang mewakili berbagai aliran pemikiran di bawah payung Liga Dunia Muslim (MWL) dan perlindungan Raja Salman.

BACA JUGA:

Pernyataan itu menambahkan bahwa Deklarasi Mekah tersebut mendukung nilai-nilai kemanusiaan Islam, termasuk toleransi, pemahaman dan kerja sama antar masyarakat dan negara serta perlunya menghormati keragaman dan perbedaan.

Dalam sebuah pernyataan, Dr. Osama Al-Abed, Sekretaris Jenderal Liga, menyambut baik langkah baru ini untuk mempromosikan toleransi, kerja sama, hidup berdampingan secara damai, dan keamanan di antara orang-orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Al-Abed mencatat upaya MWL yang menyoroti moderasi Islam dan menunjukkan kebenarannya ke seluruh dunia, berdasarkan nilai-nilai perdamaian, persaudaraan, toleransi, dan memerangi ekstremisme dan terorisme.

Sekadar mengingatkan, Deklarasi Makkah dibuat pada 31 Mei 2019, ketika para pemimpin negara Muslim berkumpul pada Sesi ke-14 Konferensi Tingkat Tinggi Islam di Mekah, mengadopsi prinsip-prinsip 12 poin.

Di antaranya adalah: “mencela terorisme, ekstremisme, dan fanatisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, apa pun penyebab dan motifnya”; “mengutuk semua bentuk intoleransi dan diskriminasi berdasarkan agama, warna kulit atau keyakinan”

“Menolak sektarianisme dan fanatisme pengakuan dalam segala bentuk dan manifestasinya”; dan “berdiri di samping Muslim di negara-negara non-Islam yang menderita penganiayaan, ketidakadilan, paksaan dan agresi.”(*)

Deklarasi Mekah, Deklarasi Makkah, Liga Universitas Islam, Surya Kepri, Cendekiawan Muslim 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.