Info Cuaca di Tanjungpinang dan Bintan, Waspada Angin Kencang dan Gelombang 3 Meter sampai Akhir Januari

Ilustrasi, suasana di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Ilustrasi, suasana di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) sepekan ke depan. Akhir Januari ini patut diwaspadai gelombang tinggi di perairan Pulau Bintan.

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Tanjungpinang yang pertama waspadai hujan yang bersifat lokal dengan intensitas ringan-sedang pada tgl 30 dan 31 Januari 2021 yang disebabkan oleh awan Cumulonimbus yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Yang kedua waspada gelombang tinggi untuk wilayah Perairan Bintan yang mampu mencapai 3,0 meter untuk satu minggu ke depan, khususnya pada tanggal 29 hingga 31 Januari 2021,” kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang Khalid Fikri Nugraha Isnoor, Senin (25/1/2021).

.BACA : Peduli Sesama, Polres Tanjungpinang Berbagi di Akhir Pekan

.BACA : Polisi Selidiki Kebakaran Bengkel dan Tiga Unit Kapal di Kampung Bugis Tanjungpinang

Hal itu diketahui berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO, dan SST) masih berpengaruh terhadap penambahan massa udara di wilayah Indonesia hingga dasarian III Januari 2021. Analisis MJO dan IOD tidak berpengaruh signifikan terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Kepri.

Ditinjau berdasarkan pengaruh fenomena cuaca skala regional dan lokal. Monsun Asia aktif serta adanya wilayah belokan angin (shearline) mengakibatkan adanya perlambatan massa udara, namun kelembapan udara yang cukup rendah mempengarugi berkurangnya massa uap air, serta kuatnya tiupan angin pada lapisan atas dapat menghambat proses pertumbuhan awan konvektif yang tumbuh di wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

“Prakiraan cuaca wilayah pulau Bintan pada umumnya cerah berawan, namun masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan – sedang sesekali lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang,” ujarnya.

Perkiraan cuaca selama sepekan ke depan di Tanjungpinang dan Bintan sebagai berikut;
•25 Januari 2021
Cerah Berawan sepanjang hari
•26 Januari 2021
Cerah Berawan sepanjang hari
•27 Januari 2021
Berawan sepanjang hari
•28 Januari 2021
Berawan sepanjang hari
•29 Januari 2021
Berawan sepanjang hari
•30 Januari 2021
Berpotensi terjadi hujan lokal pagi-siang hari
•31 Januari 2021
Berpotensi terjadi hujan lokal pagi-siang hari. (*)

Penulis : Muhammad Bunga Ashab/Editor : Sudianto Pane

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.