Nilai Bitcoin Bisa Turun Jadi $ 25.000, Tunduk pada Regulasi di AS

Penulis: Eddy Mesakh

Calon menteri keuangan Janet Yellen telah mendesak anggota parlemen untuk terus maju dengan paket penyelamatan AS yang baru. (Foto: GETTY IMAGES NORTH AMERICA / ALEX WONG)
Calon menteri keuangan Janet Yellen telah mendesak anggota parlemen untuk terus maju dengan paket penyelamatan AS yang baru. (Foto: GETTY IMAGES NORTH AMERICA / ALEX WONG)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Kemunduran Bitcoin akhirnya terjadi di tengah kekhawatiran tentang pengawasan peraturan dari pemerintahan AS yang baru.

Beberapa analis mengatakan harga patokan cryptocurrency bahkan bisa turun menjadi $ 25.000 atau sekitar Rp350 jutaan.

Bitcoin turun dari $ 35.500 menjadi $ 29.000 (Rp490 juta ke Rp 406 juta) sebelum ditutup pada $ 30.855 (432 juta) pada Kamis (21/1/2021), penurunan hampir 13% dalam satu hari.

Tindakan harga cryptocurrency yang dominan telah mengguncang seluruh pasar, dengan cryptocurrency alternatif (altcoin) turun secara signifikan.

Misalnya, Ethereum, baru saja dari level tertinggi baru sepanjang masa pada hari sebelumnya, turun 20%.

BACA JUGA: 

Analis mengatakan komentar yang dibuat oleh Menteri Keuangan yang masuk Janet Yellen tentang cryptocurrency bisa menjadi alasan aksi harga.

Selama sidang konfirmasi Senat, dia mengatakan bahwa penggunaannya dalam pembiayaan ilegal menjadi “perhatian khusus “.

Matt Maley, kepala strategi pasar di perusahaan manajemen aset Miller Tabak, mengatakan jika pemerintah mencoba mengatur Bitcoin lebih banyak, likuiditas dapat keluar dari pasar.

“Itu bisa menyebabkan penurunan yang cukup signifikan, meskipun saya pikir itu akan lebih tinggi dalam jangka panjang,” kata Maley kepada CNBC .

Namun demikian, Yellen juga mengakui potensi cryptocurrency untuk meningkatkan efisiensi sistem keuangan.

“Saya pikir kita perlu melihat lebih dekat bagaimana mendorong penggunaannya untuk kegiatan yang sah sambil membatasi penggunaannya untuk kegiatan yang merusak dan ilegal,” katanya dalam tanggapan tertulis kepada Komite Keuangan Senat.

Namun, indikator teknis menunjukkan bahwa Bitcoin sudah siap untuk mundur. Pada grafik mingguan Bitcoin, indeks kekuatan relatif masih berada pada level overbought.

Maley memperingatkan bahwa jika Bitcoin menembus posisi terendah 11 Januari, mata uang kripto yang dominan dapat menguji dan jatuh bahkan melampaui $ 30.000, yang merupakan level yang saat ini berusaha dipertahankan.

Jika gagal, $ 25.000 adalah kemungkinan terendah, kata Maley. Pada level itu, Bitcoin akan menelusuri kembali sekitar 50% dari puncak harga Januari.

Analis mewanti-wanti; “Pedagang harus sangat, sangat gesit, dan investor jangka panjang akan mengalami  ‘very strong stomach’ [harus mampu bertahan dalam kondisi tidak menyenangkan].”(*)

Bitcoin, Nilai Bitcoin, Harga Patokan, Cryptocurrency, Altcoin, Ethereum, Janet Yellen, Calon Menkeu AS, Surya Kepri, Overbought

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.