5 Bumbu Dapur yang Ekonomis Untuk Mengusir Nyamuk

Editor: Yeni

Nyamuk (pixabay.com)
Nyamuk (pixabay.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Nyamuk adalah serangga yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit melalui gigitannya. Sangat menyukai tempat yang lembab menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

Selain ancaman pandemi Covid-19, Anda sekeluarga juga mesti waspada dengan ancaman demam berdarah dengue (DBD) dan malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Begitu banyak produk-produk anti nyamuk yang dijual di pasaran. Namun, tunggu dulu, cara lain dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk dengan cara memanfaatkan bumbu dapur yang pastinya lebih ekonomis, aman dan tak kalah efektifnya untuk mengusir nyamuk.

Berikut bumbu dapur untuk mengusir nyamuk.

1. Daun serai

Salah satu bumbu dapur terbaik untuk mengusir nyamuk adalah daun serai. Bumbu dapur satu ini sebenarnya tidak asing untuk masakan Asia juga Indonesia. Aromanya yang khas rupanya tidak disukai nyamuk.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, studi pada 2015 menemukan kombinasi minyak serai dan minyak zaitun memberikan perlindungan 98,8 persen terhadap nyamuk.

Riset lain menyebut minyak serai juga bisa digunakan secara topikal (dioles pada kulit) dan memberikan perlindungan penuh selama 2,5 jam.

Tak hanya dalam bentuk minyak, daun serai pun bisa dipotong-potong dan diletakkan di beberapa sudut ruangan. Anda pun bisa mengusir nyamuk dengan satu pot tanaman serai dalam pot.

BACA JUGA: 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.