Sidang Gugatan Pilwako Batam di MK, Kuasa Hukum Sampaikan Pelanggaran Sudah Dilaporkan ke Bawaslu Tapi Ditolak

Ilustrasi sidang pemeriksaan pendahuluan di MK.(suryakepri.com/ist/MKRI)
Ilustrasi sidang pemeriksaan pendahuluan di MK.(suryakepri.com/ist/MKRI)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Sidang gugatan pilwako Batam di MK digelar dengan agenda pemeriksaan berkas tahap awal, Kamis (28/1). Kuasa hukum Lukita-Basyid sempat “mengadukan” bahwa berbagai dugaan pelanggaran Pilkada telah diadukan ke Bawaslu, namun ditolak.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pendahuluan dalam perkara sengketa hasil Pilwako Batam, dan tiga perkara dalam pilkada di Kepri lainnya, dalam sidangnya Kamis (28/1).

Salah satu agenda sidang tersebut memeriksa perkara dengan Nomor 127/PHP.KOT-XIX/2021 yang diajukan oleh Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Batam Nomor urut 1 Lukita Dinarsah Tuwo dan Abdul Basyid Has.

Baca: Berkas Gugatan Paslon Pilwako Batam No 01 Lukita-Basyid Diterima MK RI, Ini Poin-poinnya

Baca: Ngeri-ngeri Sedap Tuntutan Paslon Bersinar pada Sidang Perselisihan Pilkada Karimun di MK

Baca: Sidang Perdana Gugatan Pilkada Karimun di MK, Hakim Minta Tambahan Bukti dan Saksi

Pemohon mempersoalkan sejumlah pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masif di seluruh Kabupaten Batam oleh Paslon Nomor Urut 2 M. Rudi dan Amsakar Achmad sebagai pihak Terkait.

Bahkan dalam sidang tersebut, kuasa hukum Lukita – Basyid mendalilkan, berbagai pelanggaran yang diditemukan sudah diadukan ke bawaslu dengna data-data pendukung cukup, namun ditolak.

Pelanggaran yang ditemukan tersebut berkorelasi dengan hasil perolehan suara dalam pilkada yang dianggap tidak fiar.

Dalam pilkada Kota Batam lalu, sebagaimana hsil pelno KPU Kota Batam Lukita-Basyid mmendapatkan 98.638 suara, sedangkan M. Rudi dan Amsakar Achmad memperoleh suara sebanyak 267.497 suara.

Pelanggaran diantaranya pemanfaatan program pemerintah pusat berupa bantuan sosial tunai 2020 oleh petahana, dan melakukan mutasi jabatan Kadisdukcapil Kota Batam.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.