Monday, June 24, 2024
HomeBatamIPAL Bengkong Sadai Siap Layani Limbah Domestik Ribuan Rumah Tangga di Batam

IPAL Bengkong Sadai Siap Layani Limbah Domestik Ribuan Rumah Tangga di Batam

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Setelah tiga tahun berselang sejak proses pembangunannya, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bengkong Sadai yang bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan, akan mulai beroperasi guna menampung limbah ribuan rumah tangga.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menyampaikan apapun kawasan yang akan dilayani tersebut diantaranya Bengkong, Batu Ampar, Lubuk Baja dan Kabil.

“IPAL Bengkong Sadai ini memiliki kapasitas air limbah sebanyak 230 liter per detik. Nantinya, di lokasi ini berbagai bentuk limbah domestik dari beberapa perumahan yang ada di Batam akan disaring terlebih dulu sebelum masuk ke dalam bangunan IPAL,” jelas Rudi, Sabtu (30/1/2021).

.Baca : Kembalikan Wisman ke Batam, Dispar Kepri Sebut Kuncinya Angka Pasien Covid di Batam Harus Turun

.Baca : Cekcok Antar Tetangga, Warga Komplek Baloi Garden Gugat Tetangga Sebesar 1,9 Miliar

Nantinya limbah rumah tangga tersebut akan diolah menggunakan bakteri food chain reactor (FCR) berteknologi modern, dengan produk akhir deviasi 5 sampai 10 persen dari tampungan dalam bentuk air bersih dan pupuk kompos.

“Sengaja saya hadir hari ini, ingin melihat secara langsung progres Instalasi Pengolahan Air Limbah di Bengkong Sadai ini yang sudah dibangun kurang lebih 3 tahun lalu,” lanjutnya.

Jika ini sudah beroperasi, tambahnya, nantinya Instalasi Pengolahan Air Limbah tersebut akan mengelola limbah domestik di seluruh Kota Batam.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER