Joe Biden Ngobrol dengan Xi Jinping untuk Pertama Kali Sejak Jadi Presiden AS,  Bahas Apa Saja? 

Penulis: Eddy Mesakh

Xi Jinping berjabat tangan dengan Joe Biden di dalam Aula Besar Rakyat di Beijing pada 4 Desember 2013. (Foto: AFP / Lintao Zhang via CNA)
Xi Jinping berjabat tangan dengan Joe Biden di dalam Aula Besar Rakyat di Beijing pada 4 Desember 2013. (Foto: AFP / Lintao Zhang via CNA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

WASHINGTON, SURYAKEPRI.COM – Joe Biden ngobrol dengan Presiden China Xi Jinping melalui saluran telepon, Rabu (10/2/2021). Ini untuk pertama kalinya kedua pemimpin berbicara sejak Biden terpilih sebagai Presiden AS.

Apa yang dibahas kedua pemimpin negara super power itu?

AP, seperti dikutip dari Channel News Asia, melaporkan bahwa Joe Biden mendesak pemimpin China itu tentang perdagangan dan tindakan keras Beijing terhadap aktivis demokrasi di Hong Kong serta masalah hak asasi manusia lainnya.

Kedua pemimpin itu berbicara hanya beberapa jam setelah Joe Biden mengumumkan rencana satuan tugas Pentagon untuk meninjau strategi keamanan nasional AS di China dan setelah presiden AS yang baru mengumumkan bahwa dia akan menjatuhkan sanksi terhadap rezim militer Myanmar menyusul kudeta militer bulan ini di negara Asia Tenggara itu.

BACA JUGA: 

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan Joe Biden menyuarakan kekhawatiran tentang “praktik ekonomi yang memaksa dan tidak adil” oleh Beijing.

Biden juga menekan Xi atas tindakan keras Beijing di Hong Kong, pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uighur dan etnis minoritas di provinsi Xinjiang barat, dan tindakannya terhadap Taiwan.

Joe Biden, yang pernah berurusan dengan pemimpin China ketika dia menjabat sebagai wakil presiden Barack Obama, menggunakan tiga minggu pertamanya di Gedung Putih untuk membuat beberapa panggilan telepon dengan para pemimpin lain di kawasan Indo-Pasifik.

Dia telah mencoba untuk mengirim pesan bahwa dirinya akan mengambil pendekatan yang sangat berbeda terhadap China daripada mantan Presiden Donald Trump, yang menempatkan masalah perdagangan dan ekonomi di atas segalanya dalam hubungan AS-China.

Di pihaknya, presiden China mengatakan kepada mitranya di AS bahwa konfrontasi antara negara mereka akan menjadi bencana bagi mereka dan kedua pihak harus membangun kembali cara untuk menghindari kesalahpahaman.

Xi Jinping juga mengatakan kepada Joe Biden bahwa dia berharap Amerika Serikat akan dengan hati-hati menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan Taiwan, Hong Kong,  dan Xinjiang yang berhubungan dengan masalah kedaulatan dan integritas teritorial China.

Itu menurut laporan dari diskusi yang dilaporkan oleh televisi pemerintah China pada hari Kamis (11/2/2021).

Jepang, India, Australia  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.