(RISET] Obat Asma Umum Dapat Mengurangi Rawat Inap Covid-19 hingga 90 Persen  

Penulis: Eddy Mesakh

Ilustrasi: Gambar inhaler Symbicort budesonide untuk asma. (Wikimedia Commons / One Salient Oversight)
Ilustrasi: Gambar inhaler Symbicort budesonide untuk asma. (Wikimedia Commons / One Salient Oversight)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Peneliti Universitas Oxford mengatakan steroid budesonide, yang dihirup sebagai pengobatan untuk gangguan pernapasan, efektif bila diberikan kepada pasien Covid-19 dalam waktu seminggu setelah gejala pertama muncul.

Itu dilaporkan oleh Reuters mengutip para ahli Oxford, Selasa (9/2/2021) sebagaimana diberitakan Times of Israel, Kamis (11/2/2021)

Obat asma yang umum dapat secara dramatis mengurangi rawat inap, gejala, dan waktu pemulihan di antara pasien Covid-19 jika diminum hingga seminggu setelah munculnya gejala, kata para peneliti Universitas Oxford.

Menghirup steroid budesonide mengurangi 90 persen kebutuhan akan perawatan mendesak atau rawat inap, jika dibandingkan dengan penggunaan pengobatan yang biasa untuk pasien virus.

BACA JUGA: 

Hasil awal, dicapai setelah studi 28 hari terhadap 146 pasien, menunjukkan relawan pulih lebih cepat dari demam dan memiliki gejala yang kurang persisten saat diobati dengan steroid.

Budesonide dijual sebagai Pulmicort oleh AstraZeneca, yang bersama dengan Universitas Oxford juga telah memproduksi vaksin untuk melawan virus corona.

“Saya berbesar hati bahwa obat yang relatif aman, tersedia secara luas, dan dipelajari dengan baik… dapat berdampak pada tekanan yang kita alami selama pandemi,” kata peneliti Mona Bafadhel.

Para peneliti tertarik untuk melihat lebih dekat obat tersebut setelah memperhatikan betapa sedikit pasien dengan penyakit pernapasan kronis di antara mereka yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 pada hari-hari awal pandemi.

Orang yang menderita gangguan pernapasan sering diberi resep steroid hirup sebagai pengobatan.

Hasil penelitian Universitas Oxford belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.