Arkeolog Temukan Pabrik Bir Berusia 5.000 Tahun di Mesir

Penulis: Eddy Mesakh

Pabrik Bir berusia 5000 tahun ditemukan arkeolog di Mesir. (Foto: CNN)
Pabrik Bir berusia 5000 tahun ditemukan arkeolog di Mesir. (Foto: CNN)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KAIRO, SURYAKEPRI.COM – Arkeolog telah menemukan tempat pembuatan bir berusia 5.000 tahun di kota Abydos, Mesir kuno. Demikian ungkap Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir seperti dikutip dari CNN.com,  Senin (15/2/2021).

Pabrik bir itu terletak di Kegubernuran Sohag Mesir, dan kemungkinan besar berasal dari masa pemerintahan Raja Narmer, sekitar 3100 SM, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu – menjadikannya tempat pembuatan bir tertua yang ditemukan di Abydos.

Dr. Matthew Adams dari Universitas New York, salah satu pemimpin misi arkeologi Mesir-Amerika yang menemukan pabrik bir kuno itu, mengatakan para peneliti yakin bir digunakan dalam ritual penguburan di kerajaan untuk raja-raja paling awal Mesir.

BACA JUGA: 

Penggalian sebelumnya di daerah tersebut telah menemukan bukti bahwa bir digunakan dalam upacara pengorbanan.

Tempat pembuatan bir itu dibagi menjadi delapan bagian besar untuk produksi bir, masing-masing berisi 40 pot tanah liat yang digunakan untuk menghangatkan campuran biji-bijian dan air, kata Dr. Mostafa Waziry, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Mesir, dalam pernyataannya.

Pabrik bir tersebut bisa saja memproduksi sebanyak 22.400 liter (sekitar 5.900 galon) bir sekaligus, kata Adams.

Para pejabat ingin memamerkan artefak yang baru ditemukan ketika mereka mencoba menghidupkan kembali jumlah pengunjung setelah industri pariwisata Mesir menerima pukulan menyakitkan selama pandemi Covid-19.

Penerbangan internasional dihentikan pada Maret 2020 bersamaan dengan penutupan situs arkeologi dan museum. Penerbangan komersial tidak dilanjutkan hingga Juli.

Jumlah turis yang mengunjungi negara itu turun dari 13,1 juta pada 2019 menjadi 3,5 juta pada 2020.

Dana Moneter Internasional (IMF) menurunkan perkiraan pengeluaran pariwisata di Mesir pada tahun fiskal 2020 dari $ 17,8 miliar menjadi $ 2,7 miliar.(*)

Pabrik Bir Kuno, Mesir, Pemakaman Raja Mesir, Temuan Arkelologi, Pariwisata Mesir, Departemen Pariwisata Mesir, Mesir Kuno 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.