Para Penyebar Super Berita Bohong Tentang Asal-Usul Virus Corona

Penulis/Editor: Eddy Mesakh / Sumber: AP via Times of Israel

Ilustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. (SHUTTERSTOCK/creativeneko)
Ilustrasi virus corona menginfeksi tubuh menyebabkan Covid-19. (SHUTTERSTOCK/creativeneko)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Seperti halnya virus corona baru yang memiliki penyebar super atau superspreader, penyebar berita bohong atau misinformasi mengenai asal-usul virus ini juga memiliki superspreader.

Penyebar super di balik misinformasi paling viral tentang asal-usul Covid-19 mulai dari para profesor perguruan tinggi yang tidak memiliki pelatihan virologi, netizen di media sosial hingga pemerintah.

Klaim eksplosif yang sangat kurang bukti itu semuanya meninggalkan jejak digital yang bisa ditelusuri.

Informasi sesat itu berupa spekulasi tentang asal-usul virus corona seperti virus lolos dari laboratorium sampai rekayasa senjata biologis.

BACA JUGA: 

Pertanyaan yang sah tentang virus menciptakan kondisi yang sempurna untuk teori konspirasi. Dengan tidak adanya pengetahuan, dugaan dan propaganda pun berkembang pesat.

Profesor perguruan tinggi tanpa bukti atau pelatihan virologi disebut-sebut sebagai ahli. Pengguna media sosial anonim menyamar sebagai pejabat intelijen tingkat tinggi. Dan dari China ke Iran hingga Rusia ke Amerika Serikat, pemerintah memperkuat klaim atas motif mereka sendiri.

The Associated Press bekerja sama dengan Laboratorium Riset Forensik Digital Dewan Atlantik dalam penyelidikan sembilan bulan untuk mengidentifikasi orang-orang dan organisasi di balik beberapa informasi yang salah paling viral tentang asal-usul virus corona.

Klaim mereka meledak-ledak. Padahal bukti mereka begitu lemah. Berikut ini adalah para penyebar super tentang asal-usul virus corona.

Nama-nama Para Superspreader Misinformasi Asal-Usul Covid-19

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.