Ditemukan Adanya Perbuatan Pidana, Jaksa Mulai Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi di BUMD Tanjungpinang

Kasi Intelijen Kejari Tanjungpinang Bambang Heri Purwanto (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Kasi Intelijen Kejari Tanjungpinang Bambang Heri Purwanto (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Kejaksaaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang akhirnya menemukan perbuatan tindak pidana kasus dugaan korupsi pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tanjungpinang. Penyidik Kejari pun menaikkan status kasusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

Dengan demikian tinggal menunggu waktu bakal ada tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan keuangan dalam pengelolaan piutang usaha yaitu Piutang karyawan, piutang eks karyawan, piutang berelasi dan piutang pihak ketiga lain di BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB) pada tahun 2017 sampai dengan 2019.

Perbuatan itu diduga dilakukan oleh pejabat/ karyawan BUMD PT.TMB Tanjungpinang.

.Baca : Kejari Tanjungpinang Usut Dugaan Penyalahgunaan Keuangan di PT TMB milik BUMD

.Baca : Gustian Juanda Putra Resmi Menjabat Kasipidum Kejari Bintan

“Bahwa berdasarkan fakta dan data yang diperoleh selama proses penyelidikan operasi intelijen Kejari Tanjungpinang (puldata dan pulbaket), serta setelah dilakukan ekspose (gelar perkara) menyimpulkan telah ditemukan adanya peristiwa pidana, perbuatan melawan hukum dan indikasi potensi kerugian negara dan atau daerah,” kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Tanjungpinang Bambang Heri Purwanto saat dikonfirmasi, Kamis (18/2/2021).

Selanjutnya proses penyelidikan dari bidang intelijen, kata dia, dilimpahkan ke bidang pidana khusus untuk dilakukan proses penyidikan.

“Indikasi Potensi kerugian negara atau daerah lebih kurang Rp 900 juta,” ujarnya.

Selain itu, lanjut kata Bambang, untuk penyelidikan adanya dugaan gratifikasi dalam penerimaan karyawaan di BUMD PT.TMB tahun 2020 yang diduga merugikan keuangan negara dan atau daerah dihentikan.

.Baca : Kantor BUMD Tanjungpinang Dibobol Maling, Laptop dan Dokumen Keuangan Raib

“Dihentikan karena tidak cukup bukti. Dan, apa bila dikemudian hari ditemukan bukti-bukti baru, penyelidikan tersebut dibuka kembali,” tutup Bambang. (*)

Penulis : Muhammad Bunga Ashab/Editor : Sudianto Pane

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.