Puluhan Ikan Paus Pilot Terdampar Mati di Madura

Editor: Yeni

Sumber foto: Puluhan ikan Paus Pilot Sirip Pendek yang terdampar mati di Madura. (sumber: cnn indonesia.com)
Sumber foto: Puluhan ikan Paus Pilot Sirip Pendek yang terdampar mati di Madura. (sumber: cnn indonesia.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Puluhan ikan paus pilot ditemukan terdampar mati di Pantai Modung, Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur. Puluhan ikan paus itu pun kemudian dikubur dengan menggunakan bantuan alat berat agar tidak menimbulkan bau dan menyebarkan bakteri yang membahayakan masyarakat sekitar, Sabtu (20/2).

Namun, ada satu bangkai yang ditemukan tidak utuh alias telah terurai di bibir pantai Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang. Dagingnya terpotong-potong. Bahkan pada bagian sirip, ekor, dan gigi ikan sudah hilang.

Tempat ini berjarak tiga kilometer dari lokasi puluhan paus yang ditemukan terdampar di pantai Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

Informasi yang diterima CNNIndonesia.com dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Jawa Timur, kejadian pemotongan bagian tubuh paus tersebut sudah berlangsung kali kedua.

BACA JUGA: 

Pertama ada warga yang sempat mengambil di lokasi terdampar tapi dikembalikan. Kedua tubuh paus jauh dari kawanan yang terdampar, namun dalam kondisi sudah terpotong-potong.

“Entah apa maunya warga memotong dan mengambil bagian daging paus. Padahal tidak ada nilai rupiah yang bisa menguntungkan. Kemungkinan mereka ingin mengabadikan kejadian langka ini dengan mengambil bagian tubuh paus,” kata Kabid KSDA Wilayah II KSDA Jawa Timur, Wiwied Widodo, Sabtu (20/2).

Menurutnya, tindakan memotong bagian daging paus meski sudah mati merupakan perbuatan yang melanggar aturan. Sebab ikan paus bagian dari binatang laut yang dilindungi.

“Mending tidak usah melakukan hal ini karena paus termasuk hewan dilindungi. Kalau sengaja, bisa dipidana lima tahun,” kata dia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.