Pesawat “Muntahkan” Puing di Denver, Boeing Grounding Semua 777 Bermesin Sejenis 

Editor: Eddy Mesakh / Sumber: Channel News Asia

Penerbangan United Airlines UA328 kembali ke Bandara Internasional Denver dengan mesin bagian kanannya terbakar setelah disebut peringatan mayday pada 20 Februari 2021. (Foto: Reuters / Hayden Smith, @ speedbird5280, handout)
Penerbangan United Airlines UA328 kembali ke Bandara Internasional Denver dengan mesin bagian kanannya terbakar setelah disebut peringatan mayday pada 20 Februari 2021. (Foto: Reuters / Hayden Smith, @ speedbird5280, handout)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

WASHINGTON, SURYAKEPRI.COM –  Sebanyak 128 pesawat Boeing 777 yang menggunakan mesin Pratt & Whitney yang sama yang gagal dalam penerbangan keluar dari Denver sekarang telah di-grounded.

Demikian pernyataan juru bicara produsen pesawat raksasa AS pada Senin (22/2/2021).

“Saya baru saja mendapat konfirmasi bahwa semua 777 yang dilengkapi dengan mesin ini telah di-ground,” katanya dalam pesan teks kepada AFP seperti dikutip dari Channel News Asia.

Selain United Airlines, tipe mesin PW4000 juga digunakan oleh grup All Nippon Airways (ANA), Japan Airlines (JAL) Jepang, ditambah Asiana Airlines dari Korea Selatan.

Menanggapi pertanyaan CNA, Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan bahwa pesawat Boeing 777 miliknya yang terdaftar di Singapura tidak menggunakan jenis mesin seperti itu.

BACA JUGA:

“B777-200/300 kami yang terdaftar di Singapura dipasang [mesin] Rolls Royce Trent 800 dan B777-300ER yang dipasang dengan mesin GE90. Kami tidak memasang B777 dengan mesin PW4077,” kata Alan Foo, penjabat direktur senior Keselamatan CAAS Grup Regulasi.

Dalam sebuah pernyataan hari Minggu, Boeing telah merekomendasikan bahwa semua pesawat yang bersangkutan harus dilarang terbang ketika regulator AS menyelidiki penerbangan United Airlines yang terpaksa kembali ke bandara Denver setelah salah satu mesinnya terbakar dan hancur di komunitas pinggiran kota Amerika .

Sebuah video yang diambil dari dalam pesawat – yang membawa 231 penumpang dan 10 awak – menunjukkan mesin kanan menyala dan bergoyang-goyang di sayap Boeing 777-200.

Penutup mesin depannya – yang jatuh di halaman depan sebuah rumah, hilang beberapa inci, seluruhnya hilang saat pesawat kembali ke bandara Denver.

Tidak ada cedera di pesawat atau di darat, kata pihak berwenang.

Badan Keamanan dan Transportasi Nasional AS juga sedang menyelidiki insiden tersebut.

Dicoret United Airlines dan Korean Air 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.