Pesawat “Muntahkan” Puing di Denver, Boeing Grounding Semua 777 Bermesin Sejenis 

Editor: Eddy Mesakh / Sumber: Channel News Asia

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
Puing dari mesin pesawat United Airlines yang rusak mendarat di sebuah halaman di Broomfield, Colorado, di luar Denver, pada 20 Februari 2021. (Foto: AFP / -)
Puing dari mesin pesawat United Airlines yang rusak mendarat di sebuah halaman di Broomfield, Colorado, di luar Denver, pada 20 Februari 2021. (Foto: AFP / -)

Boeing telah memperingatkan bahwa pesawat yang dipasang serupa harus dikeluarkan dari layanan sampai Otoritas Penerbangan Federal menetapkan prosedur inspeksi.

“Sementara penyelidikan NTSB sedang berlangsung, kami merekomendasikan penangguhan operasi 69 pesawat dalam-layanan dan 59 dalam penyimpanan 777 yang ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney 4000-112,” kata perusahaan itu.

JAL dan ANA sebelumnya mengatakan mereka masing-masing telah melarang 13 dan 19 pesawat menggunakan mesin PW4000 tetapi telah menghindari pembatalan penerbangan dengan menggunakan pesawat lain.

Kementerian transportasi Jepang mengatakan telah memerintahkan pemeriksaan mesin yang lebih ketat setelah pesawat JAL 777 yang terbang dari Haneda ke Naha mengalami masalah dengan “mesin dari keluarga yang sama” pada bulan Desember.

United Airlines mengatakan pihaknya telah secara sukarela mencoret 24 pesawat Boeing 777 dari layanan mereka dan berharap “hanya sejumlah kecil pelanggan yang akan merasa tidak nyaman”.

Kementerian transportasi Korea Selatan mengatakan tidak memiliki rencana segera untuk melakukan grounded terhadap pesawat tersebut, menambahkan pihaknya sedang memantau situasi.

Tetapi Korean Air, maskapai penerbangan dan maskapai terbesar di negara itu, mengatakan telah menghentikan keenam Boeing 777-nya yang menggunakan mesin PW4000 yang saat ini beroperasi.

“Kami telah memutuskan untuk menghentikan semua PW 4000 kami yang bertenaga 777, dan kami mengharapkan protokol FAA yang diperbarui segera,” kata perusahaan itu kepada AFP dalam sebuah pernyataan email.

FAA sebelumnya telah memerintahkan pemeriksaan tambahan terhadap beberapa jet penumpang.

Steve Dickson, kepala regulator, mengatakan dia telah berkonsultasi dengan para ahli dan bahwa beberapa pesawat “kemungkinan” akan disingkirkan dari layanan.

“Saya telah mengarahkan mereka untuk mengeluarkan Arahan Kelaikan Udara Darurat yang akan membutuhkan inspeksi segera atau lebih lanjut dari pesawat Boeing 777 yang dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney PW4000 tertentu,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Dickson menambahkan bahwa tinjauan data keselamatan awal menunjukkan perlunya pemeriksaan tambahan bilah kipas mesin jet, yang unik untuk model mesin dan hanya digunakan pada 777 pesawat.

Pejabat dari FAA bertemu dengan Pratt & Whitney dan perwakilan Boeing pada Minggu malam, tambahnya.

Pukulan Terbaru untuk Boeing  Setelah Kasus Lion Air dan Ethiopian Airlines

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.