Puluhan Ikan Paus Terdampar di Pantai Modung Bangkalan, Begini Penjelasan Ahli

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

“Pada penelitian tersebut dan juga beberapa laporan lain menyebutkan, bahwa paus umumnya akan melewati jalur yang sama untuk bermigrasi,” ujarnya.

Baca: RAMALAN ZODIAK CINTA HARI INI 21 Februari 2021, Gemini Ada Kekuatan Cinta

Berbicara tentang kemampuan paus yang bisa mengingat jalur yang dilalui setiap tahunnya, hal ini bisa dilakukan berkat adanya biomagnitit.

Dewi menjelaskan, yang dimaksud biomagnitit adalah zat yang berada pada retina cetacea yang mempunyai fungsi sebagai indra magnetis yang membantu mereka mengetahui ke arah mana bergerak.

“Hal ini membuat paus peka terhadap perubahan medan magnet bumi,” ujarnya.

Dalam sebuah referensi artikel ilmiah berjudul In depth Whale Navigation: Navigating the Long Way Home karya Robin Marks dikatakan bahwa paus yang mengikuti ‘jalur’ magnet ini kemungkinan besar akan terdampar di daerah yang jalurnya berbelok.

“Kemungkinan termasuk di beberapa perairan pantai Pulau Madura dan kawasan Selat Madura,” jelasnya.

Ia memprediksi, jika perubahan yang terjadi pada navigasi paus bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Mulai dari cuaca yang ekstrem, gelombang sinar matahari, perubahan garis pantai, paus sakit, dan bisa juga adanya aktivitas kilang minyak yang berada di sekitar perairan.

“Karena ada juga referensi yang mengatakan bahwa rig (bangunan lepas pantai) dijadikan patokan magnetik bagi paus,” imbuhnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.