NASA Akan Bawa Sampel dari Planet Mars: Awas Dibonceng Alien!

Penulis: Eddy Mesakh

Wujud alien dalam film Hollywood
Wujud alien dalam film Hollywood "Alien: Covenant in Utero" yang dirilis tahun 2017. Ini adalah gambaran ekstrem melalui film-film fiksi ilmiah Hollywood, tetapi menjadi sebuah kekhawatiran Bumi mengalami seperti ini jika ada "makhluk asing" membonceng sampel dari Mars lalu bermutasi secara liar dan mengancam kehidupan di planet kita.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Logika yang dibangun film-film fiksi ilmiah tentang kedatangan alien ke Bumi tak bisa diabaikan begitu saja. Penyesalan selalu datang terlambat jika sudah kejadian!

Kekhawatiran masuknya alien ke Bumi membonceng sampel dari Planet Mars diungkapkan oleh , jurnalis Space.com.

Bagaimana jika ada makhluk asing menempel pada sampel yang dibawa astronom dari Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA)?

Leonard David Dalam artikelnya yang berjudul: What can the coronavirus outbreak teach us about bringing Mars samples back to Earth?” menggambarkan kekhawatirannya dengan mengambil contoh pandemi virus corona sebagai pelajaran berharga yang harus dicermati.

Virus baru bernama SARS-CoV-2 adalah virus corona yang menyebabkan berjangkitnya penyakit yang disebut Covid-19. Dan, penyakit baru ini telah membuat seluruh dunia kelabakan menghadapinya.

BACA JUGA:

Para peneliti kesulitan menghadapi karakter liar virus SARS-CoV-2 yang terus bermutasi, sangat menular, dan mematikan.    

Padahal, virus itu berasal dari Bumi. Apalagi jika ada wabah baru yang datang dari luar Bumi, misalnya dari Planet Mars, membonceng sampel yang dibawa oleh para astronom, sebagaimana rencana NASA yang baru saja mendaratkan Perseverance Rover di Planet Merah itu.

Dalam artikelnya, Leonard David menulis begini: “Pikiran saya langsung menuju Mars. Saya telah lama mengetahui visi fiksi ilmiah tentang Bumi yang menerima suvenir luar angkasa yang membawa organisme yang mungkin berbahaya bagi biosfer Bumi yang rapuh – itu saya, dan juga Anda! Kedatangan semacam itu bisa jadi tidak disengaja, atau bisa juga disengaja.”

Dia bertanya, bagaimana jika sampel seperti itu ternyata berbahaya, dan sangat menular? Apakah ada pelajaran berorientasi Mars yang bisa dipelajari dari Covid-19 dan penyakit menular utama lainnya?

Pada tahun 1973, Carl Sagan menerbitkan “The Cosmic Connection – An Extraterrestrial Perspective,” menawarkan pandangan patogen Mars ini:

“Justru karena Mars adalah lingkungan dengan potensi kepentingan biologis yang besar, ada kemungkinan bahwa di Mars terdapat patogen, organisme yang, jika diangkut ke lingkungan darat, dapat menyebabkan kerusakan biologis yang sangat besar – wabah Mars, perubahan dalam plot HG Wells ‘War of the Worlds, tetapi sebaliknya. “Ini adalah poin yang sangat serius.”

Sebuah laporan baru NASA bertujuan untuk membantu mengurangi ancaman kontaminasi Mars dan dunia lain selama misi luar angkasa berawak. (Kredit gambar: NASA)
Sebuah laporan baru NASA bertujuan untuk membantu mengurangi ancaman kontaminasi Mars dan dunia lain selama misi luar angkasa berawak. (Kredit gambar: NASA)

“Di satu sisi, kita dapat berargumen bahwa organisme Mars tidak dapat menyebabkan masalah serius apa pun pada organisme darat, karena tidak ada kontak biologis selama 4,5 miliar tahun antara Organisme Mars dan terestrial.”

“Di sisi lain, kita dapat berargumen dengan sama baiknya bahwa organisme darat tidak berevolusi melawan potensi patogen Mars, justru karena tidak ada kontak seperti itu selama 4,5 miliar tahun. Kemungkinan infeksi semacam itu mungkin sangat kecil, tetapi  jika itu terjadi, bahayanya pasti sangat tinggi. ”

Bagaimana Jika Terjadi?  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.