Belum Buat Surat Uji KIR Dari Dishub Batam, Berikut Persyaratannya

Kepala Bidang Angkutan Jalan, Dishub Kota Batam, Syafrul Bahri
Kepala Bidang Angkutan Jalan, Dishub Kota Batam, Syafrul Bahri
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam membuka pelayanan Uji Kelayakan Kendaraan (KIR). Pasalnya, banyak kendaraan niaga di Kota Batam yang sudah mati Uji KIR.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Batam, Syafrul Bahri mengatakan, sebelum berangkat ke tempat pengujian kendaraan, pemilik kendaraan wajib mempersipakan persyaratan.

“Persiapkan fotokopi STNK, fotokopi KTP pemilik atau pengemudi, dan SRUT (Sertifikat Uji Tipe), khusus untuk kendaraan yang melakukan uji KIR pertama kali,” kata Saprul, Jumat (26/2/2021).

.Baca : Lokasi Persinggahan di Batam Bertambah, Dermaga II ASDP Punggur Resmi Beroperasional

.Baca : Masa Pandemi Covid-19, IMI Kepri Gelar Kejuaraan Simulator Racing Selama 3 Hari

Lanjut Saprul, selain itu, surat rekomendasi numpang Uji dari Dinas Perhubungan asal jika melakukan uji KIR di luar daerah, serta wajib ada kendaraan yang akan diuji.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui saat melakukan uji KIR. Setelah menyerahkan semua persyaratan, Anda akan diarahkan untuk melakukan Pra Uji,” ujarnya.

Saprul menjelaskan, dalam tahap Pra Uji ini, seluruh berkas akan diperiksa dan petugas akan menggesek nomor mesin serta nomor rangka.

Kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan Non Mekanis serta Uji Visual. Dalam Uji Visual, kendaraan akan dicek kelengkapannya serta kondisinya. Setelah Pra Uji, mobil masuk ke Gedung Uji dan melalui tahapan uji KIR.

“Ada tujuh rangkaian tes, setelah itu kendaraan kemudian diparkir dan kemudian dinilai apakah masih layak jalan atau tidak,” ungkap Saprul.(*)

Penulis: Romi Kurniawan/Editor : Sudianto Pane

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.