Menpan RB Tjahjo: Kebutuhan ASN 2021 Sebanyak 1,3 Juta Orang

Foto Ilustrasi penerimaan CPNS
Foto Ilustrasi penerimaan CPNS
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah sudah menentukan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021, totalnya sebanyak 1.300.000 orang. Namun, kebutuhan tersebut dengan catatan tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat.

“Jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat sejumlah sekitar 1.300.000 orang,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/3).

Kebutuhan sebanyak 1,3 juta ASN di tahun 2021 ini, meliputi 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Rekrutmen 1 juta guru PPPK ini akan diadakan di seluruh pemerintah daerah.

.Baca : ASPPI Kepri Promosikan Pariwisata Batam Lewat Tourism Carnival

.Baca : Dua ASN di Bintan dan Tanjungpinang Terungkap Nyambi Kerja di Pertambangan Boksit Ilegal

“Program ini adalah untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer,” ujar politikus PDIP itu.

Tjahjo menambahkan, yang dapat mengikuti program 1 juta PPPK ini adalah mereka yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tidak hanya itu, pemerintah juga telah menentukan kebutuhan aparatur di Pemerintah Daerah (Pemda). Jumlahnya mencapai sekitar 189.000 ASN. Jumlah kebutuhan tersebut di luar kebutuhan guru PPPK yang merupakan program Kemendikbud.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.