Bakar Hutan Lindung Sei Temiang Batam, Satu Warga Sekupang Diancam Hukuman Berlapis

Penulis: Romi Kurniawan/ Editor: Yeni

Pelaku pembakaran hutan lindung, di wilayah Sei Temiang, Tanjungriau Selasa (2/3/2021) siang kemarin.
Pelaku pembakaran hutan lindung, di wilayah Sei Temiang, Tanjungriau Selasa (2/3/2021) siang kemarin.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Jajaran kepolisian Polsek Sekupang meringkus pelaku pembakaran hutan lindung, di wilayah Sei Temiang, Tanjungriau Selasa (2/3/2021) siang kemarin.

Pelaku bernama Sugito (43), dengan sengaja membakar hutan lindung, dan berpura-pura memadamkan api dengan mesin pemadam yang dibawa dari rumah.

Kapolsek Sekupang, AKP Yudi Arvian mengatakan, pelaku membakar hutan lindung dengan luas 1 hektar, dan pelaku juga bercocok tanam dikawasan tersebut.

“Berdasarkan pengakuannya, pelaku baru kali membakar hutan. Tapi kami masih melakukan pemeriksaan mendalam, apakah pelaku ini disuruh orang lain atau tidak,” kata Yudi, Rabu (3/3/2021).

Yudi menjelaskan, pembakaran hutan lindung ini terungkap saat anggota melaksanakan patroli rutin, dan melihat ada kepulan asap tebal di belakang pemakaman Sei Temiang.

BACA JUGA: 

“Anggota langsung ke lokasi, dan melaporkan kejadian tersebut,” ujarnya.

Anggota Polsek Sekupang berkoordinasi dengan pihak pemadam kebakaran, dan anggota membantu memadamkan api sebelum mobil pemadam datang.

“Pelaku dijerat dengan lima Pasal, yakni Pasal 36 Undang-Undang RI Nomor 11 2020 dengan ancaman 10 tahun, Pasal 78 UU RI No.41 1999 ancaman 10 tahun, Pasal 108 UU RI No.32 2009 ancaman penjara maksimal 10 tahun,” ungkap Yudi.

Dua pasal lainnya yakni Pasal 188 KUHP ancaman penjara maksimal 5 tahun, dan Pasal 187 KUHP maksimal penjara 12 tahun. (*)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.