Segera Ganti Kartu ATM Lama, Ini Jadwal Pemblokirannya

Editor: Yeni

Ilustrasi: kartu ATM (hulondalo.id)
Ilustrasi: kartu ATM (hulondalo.id)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pengguna kartu debit dengan magnetic stripe harus segera menggantinya yang berbasis kartu chip. Penukaran ini dilakukan hingga tanggal 31 Desember 2021 mendatang.

Penggantian kartu tersebut sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Dalam surat edaran itu dikatakan penggunaan kartu magnetic stripe diperbolehkan hanya pada kartu ATM atau debit tertentu saja.

“Penggunaan teknologi lainnya, yaitu teknologi magnetic stripe, masih diperbolehkan untuk Kartu ATM/Debet yang diterbitkan atas dasar rekening tabungan yang memiliki saldo paling banyak Rp 5.000.000,00 berdasarkan perjanjian antara penerbit dan nasabah,” tulis BI.

Peraturan ini berlaku untuk kartu ATM debit, terminal ATM, terminal EDC, dan sarana pemrosesan. Kartu chip dikatakan dapat jauh lebih aman sebab magnetic stripe memiliki resiko untuk dibobol.

BACA JUGA: 

Berikut cara melakukan penukaran kartu Magnetic Strip ke kartu debit berbasis chip:

BCA

BCA membuka kesempatan nasabah pemegang kartu magnetic stripe untuk menggantinya ke kartu chip. Nasabah dapat menukarkannya melalui dua layanan.

Pertama melalui layanan customer service dan dapat dilakukan di cabang BCA seluruh Indonesia. Selain itu juga bisa dilakukan pada layanana nasabah dalam mesin dengan self service di cabang yaitu mesin CS Digital dan lokasinya dapat dicek pada laman resmi BCA.

BCA mengatakan kartu magnetic stripe sudah tidak dapat dilakukan pada 1 Januari 2022 nanti.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.