Diserang Gelombang Baru Corona, Tujuh Negara ini Kembali Lockdown

Prancis jadi salah satu negara yang kembali lockdown imbas Corona. (Foto: AP Photo)
Prancis jadi salah satu negara yang kembali lockdown imbas Corona. (Foto: AP Photo/kompas.com)

SURYAKEPRI.COM – Mobilitas manusia antar negara dipastikan belum bisa memasuki fase normal karena virus corona varian baru menghantui  banyak negara sehingga sejumlah negara kembali menutup pintu atau lockdown.

Lockdown terpaksa dilakukan untuk menekan penularan COVID-19, khususnya yang dipicu oleh varian baru Corona yang diketahui lebih menular.

Salah satu negara yang kembali mengumumkan lockdown adalah Australia, yakni di daerah Brisbane. Ibu kota terbesar dengan 2 juta penduduk itu menerapkan kebijakan tersebut selama tiga hari ke depan.

“Saya tahu ini panggilan yang sangat besar dan saya tahu ini sangat sulit,” kata Perdana Menteri negara bagian Queensland Annastacia Palaszczuk kepada wartawan, dikutip dari Reuters.

Dikutip dari laman Indian Express, berikut 7 negara lainnya yang turut mengumumkan kebijakan lockdown lantaran adanya gelombang baru COVID-19.

1. Prancis
Menurut Perdana Menteri Prancis, Jean Castex, lockdown merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menangani lonjakan kasus COVID-19 gelombang ketiga tersebut. Disebutkan, sebanyak 21 juta orang di 16 wilayah Prancis, termasuk Paris, harus lockdown selama satu bulan ke depan.

2. Polandia
Polandia harus melakukan lockdown selama tiga minggu ke depan dan menutup seluruh toko dan fasilitas umum lainnya setelah jumlah kasus COVID-19 hariannya mengalami peningkatan tertinggi sejak November 2020 lalu. Presiden Polandia, Andrzej mengaku mereka kehilangan kendali terhadap perkembangan pandemi Corona.

3. Hungaria
Telah berlaku sejak 8 Maret lalu, Hungaria telah menutup seluruh sekolah, toko, hingga pusat kebugaran hingga 7 April mendatang. Selain itu, para pengusaha didesak agar memberikan izin pada karyawannya untuk bekerja dari rumah.

4. Italia
Salah satu negara yang paling terdampak COVID-19 ini kembali menghadapi lonjakan kasus dengan ditemukannya varian baru Corona yang diketahui lebih cepat menular. Hal ini telah membuat banyak wilayah di Italia yang kini berada di zona merah. Akibatnya, seluruh warga saat ini dihimbau untuk tetap tinggal di rumah, kecuali jika ada keperluan mendesak, keperluan ke fasilitas kesehatan, dan keperluan penting lainnya.

BACA:Ramalan Zodiak Besok Selasa 30 Maret 2021: Urusan Cinta Cancer dan Virgo Luar Biasa, Bisnis Leo Bagus  

BACA:Ada Apa dengan Varian Virus Corona Brasil yang Bikin Inggris Begitu Khawatir?