Monday, May 20, 2024
HomeLainnyaNasionalHarap Waspada Modus Penipuan Calo CPNS 2021

Harap Waspada Modus Penipuan Calo CPNS 2021

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah akan segera membuka pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS pada April 2021. Sebanyak 1,3 juta formasi akan tersedia bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian PANRB @kemenpanrb, Jumat (2/4/2021), seleksi akan menggunakan computer assisted test (CAT). Hal itu bertujuan untuk menutup adanya potensi kecurangan dan praktik calo. Nantinya hasil tes dapat dilakukan secara real time, sehingga akuntabel dan transparan.

“Hati-hati jika ada oknum yang menjanjikan lulus, jangan percaya!,” kata Plt Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko.

.Baca : Tradisi Perayaan Paskah Yang Menarik dan Unik, Selalu Digelar di Indonesia

.Baca : Amsakar Minta Komitmen Orangtua Siswa Dalam Menjaga Anaknya di Luar Lingkungan Sekolah

Diketahui bersama, memang pada masa rekrutmen CASN ini banyak modus penipuan. Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB menghimbau CASN untuk selalu waspada terhadap modus-modus penipuan.

“Kerap kali ada yang menjanjikan kelulusan maupun ada surat bohong yang beredar,” katanya.

Namun hal tersebut dapat dihindari dengan mengecek berita yang beredar dari sumber terpercaya, serta mengkonfirmasi informasi ke Kementerian PANRB/BKN.

Adapun sebagai informasi, jumlah formasi untuk guru PPPK sebanyak 1 juta formasi yang bisa diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, lulusan PPG yang tidak mengajar.

Kemudian, formasi untuk PPPK non guru di Pemerintahan daerah seperti di Provinsi/Kota/Kabupaten dibutuhkan 189.000 formasi. Serta 83 ribu formasi untuk PNS.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER