Langkah Teknis Tim Satgas Covid dan Wali Kota Batam Tekan Angka Covid-19 di Batam

Editor : Sudianto Pane

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengharapkan vaksinasi masal yang tengah dilaksanakan saat ini dapat menjadi jalan keluar, dalam menekan angka pertumbuhan Covid-19 di Batam, Kepulauan Riau.

Walau demikian, saat ini nampaknya langkah tersebut masih belum memberikan dampak positif, sesuai dengan angka pertumbuhan pasien dalam tiga minggu terakhir, yang masih menunjukkan peningkatan dibanding dengan pasien sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, bahkan menyebutkan langkah vaksinasi masal baru dapat menunjukkan hasilnya, setelah 50 persen warga Kota Batam telah mendapatkan vaksin.

Namun kenyataannya, saat ini masyarakat Batam yang telah menjalani vaksinasi baru di angka sekitar 40 ribu penduduk, sementara jumlah penduduk Batam sendiri mencapai 1 juta jiwa lebih.

.Baca : Ada Pungutan Rp 10.000,- Bagi Vaksin Guru di Batam, Begini Penjelasan Walikota Batam

.Baca : Tidak Miliki Anggaran Vaksinasi Massal, Kadinkes Harapkan Peran Serta Organisasi dan Paguyuban

“Penyebaran virus bisa ditekan jika 50 persen penduduknya sudah divaksin. Saat ini baru sedikit, masih sekitar 40 ribu,” ungkap Didi, Rabu (7/4/2021).

Tidak hanya vaksinasi, upaya lain yang saat ini kerap digencarkan oleh Tim Gugus Kota Batam, adalah langkah dasar penerapan 3T.

Dalam langkah ini, pihaknya memfokuskan dalam proses mencari perkembangan kasus, sebagai upaya memotong langsung langkah penyebaran virus Covid-19.

“Dengan mencari kasusnya, kita mencoba untuk memotong langsung pertumbuhan kasus. Selain tracing yang saat ini masih gencar dilakukan oleh Puskesmas,” paparnya.

Hal berbeda juga dilontarkan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang melihat fenomena pertumbuhan kasus positif di Batam saat ini.

Dimana, untuk menekan angka tersebut Rudi kembali hanya menyarankan agar masyarakat Batam, dapat rajin menggunakan masker di saat melakukan aktifitas luar ruangan.

Tidak hanya itu, Rudi juga kembali melontarkan agar saat ini masyarakat tidak terlalu banyak bersosialisai tanpa masker, dan menerapkan social distancing.

“Pakai masker, jangan banyak cakap- cakap sama sosial distancing,” tegasnya.(*)

Penulis : Fernando

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.