Persiapkan Diri, 7 Amalan Saat Menjelang Bulan Ramadhan

Editor: Yeni

Ilustrasi beribadah di mesjid (unsplash.com)
Ilustrasi beribadah di mesjid (unsplash.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan umat Islam. Di dalamnya terdapat rahmat serta pengampunan bagi orang yang bersungguh-sungguh beribadah.

Jelang bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari ini, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan untuk menyambut datangnya bulan suci.

Berikut amalan yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang bulan suci Ramadan.

1. Niat

Saat bersiap memasuki bulan Ramadan, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah rohani. Hendaknya kita menata niat untuk menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya dan bertobat dari kesalahan masa lalu.

Dengan persiapan rohani dan niat yang baik, harapannya saat memasuki Ramadan kita telah siap menjalankan ibadah dengan khusyuk, hati yang tenang, dan ikhlas.

BACA JUGA: 

2. Ibadah Sunah

Rasulullah diriwayatkan kerap melakukan amalan ibadah sunah yang bernilai kebajikan dalam menyambut Ramadan. Bahkan disebutkan dalam salah satu hadis, Rasulullah banyak berpuasa di bulan Sya’ban, selain dari puasa wajib Ramadan.

Dari Aisyah r.a menuturkan:

“Rasulullah SAW biasa mengerjakan puasa sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya’ban,” (HR. Bukhari, 1833, Muslim 1956).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.