Pecahan Uang Rp 75.000 Bisa Dipakai Untuk THR, Begini Cara Penukarannya

Editor: Yeni

Uang Baru Rp 75.000 spesial HUT ke-75 Kemerdekaan RI(Bank Indonesia)
Uang Baru Rp 75.000 spesial HUT ke-75 Kemerdekaan RI(Bank Indonesia)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Budaya berbagi THR saat momentum Hari Raya Idul Fitri telah melekat di masyarakat Indonesia. Budaya berbagi uang kartal ini biasanya menggunakan uang baru yang ditukarkan melalui perbankan maupun Bank Indonesia (BI).

Lebaran tahun ini, BI mengajak masyarakat menggunakan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI) berbentuk uang kertas pecahan Rp 75.000 sebagai THR.  Sebelumnya, pecahan yang dirilis bank sentral pada tahun lalu ini lebih banyak diperuntukkan untuk koleksi.

“Kami dorong UPK 75 tidak hanya koleksi, tapi juga termasuk untuk transaksi, juga sebagai THR untuk lebaran ini. Adapun beberapa kebijakan mengenai penukaran UPK 75 ini, satu orang, satu KTP, bisa menukar 100 lembar per hari dan dapat melakukan pengulangan penukaran di hari berikutnya,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim dalam paparan secara virtual, Rabu (14/4).

Ia menegaskan UPK 75 bisa digunakan menjadi alat belanja karena merupakan alat transaksi yang sah.

BACA JUGA: 

BI memprediksi penarikan uang kartal oleh perbankan menyambut Idul FItri 2021 mencapai Rp 152,14 triliun. Nilai tersebut meningkat 39,33% year on year (yoy) dibandingkan realisasi penarikan perbankan di 2020 sebesar Rp 109,20 triliun.

Ia menyebut bank sentral dapat memenuhi kebutuhan uang kartal dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai kebutuhan, tepat waktu, dan layak edar.

Marlison bilang bank sentral telah memiliki program pemenuhan kebutuhan itu dengan memberikan layanan penukaran uang. Namun Ia menegaskan penukaran harus dilakukan secara kolektif bukan secara individual karena adanya pandemi Covid-19.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.