PERINGATAN DINI BMKG:
Wilayah-wilayah Ini Waspadai Badai Topan dan Gelombang Tinggi Akibat Siklon Tropis Surigae

Jangan anggap remeh! Peringatan dini atau upaya mitigasi BMKG ini untuk menghindari jatuh korban akibat bencana alam

Kondisi gelombang laut saat ini yang dipicu oleh siklon tropis 94W atau Siklon Surigae. Warna merah adalah pusat badai. (Sumber: Windy.com)
Kondisi gelombang laut saat ini yang dipicu oleh siklon tropis 94W atau Siklon Surigae. Warna merah adalah pusat badai. (Sumber: Windy.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan sejumlah wilayah ini untuk waspada terhadap munculnya badai topan dan gelombang tinggi akibat siklon tropis 94W atau siklon tropis Surigae.

Seperti dikutip Suryakepri.com dari situs resmi BMKG, Kamis (15/4/2021) dinihari WIB,
Sub Koordinator Analisis dan Prediksi Meteorologi Maritim BMKG, Rismanto Effendi, M.Si mengeluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi No  ME.01.02/PD/16/APM/IV/BMKG-2021.

Peringatan dini tersebut berlaku mulai tanggal 15 April 2021 pukul 07.00 WIB – 16 April 2021 pukul 07.00 WIB.

Disebutkan dalam peringatan dini tersebut bahwa Siklon Tropis SURIGAE (1000 hPa) terjadi di Samudra Pasifik utara Papua dan BERDAMPAK pada peningkatan tinggi gelombang mencapai 4.0 – 6.0 meter di Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Biak.

BACA JUGA:

Tinggi gelombang 2.5 – 4.0 meter di Perairan utara Manokwari hingga P. Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera dan utara Jayapura.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 30 knot [9,26 – 55,56 kpj], sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur – Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot [9,26 – 37,04 kpj].

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Raja Ampat Utara, Perairan Manokwari, Perairan Biak, Teluk Cendrawasih, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Biak.

BMKG menjelaskan pula bahwa sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak Bibit Siklon Tropis 94W meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat.

Juga berpotensi terjadi di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, ada pula wilayah dengan level waspada untuk potensi banjir bandang pada dua hari ke depan, yakni Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Selalu Waspada sampai 18 April 2021

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.