Warga di Batam Sempat Kaget Banyak Polisi di Sekolah, Ternyata Satpam

Seragam satpam yang terlihat seperti seragam polisi, baik dari warna coklat serta tanda kepangkatan.(via Situs Asosiasi Profesi Satpam Indonesia)
Seragam satpam yang terlihat seperti seragam polisi, baik dari warna coklat serta tanda kepangkatan.(via Situs Asosiasi Profesi Satpam Indonesia)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – -Seorang pengndara sepeda motor sempat ragu-ragu ketika melintas di depan Sekolah SMAK Yos Sudarso, Batam Center ketika melihat sejumlah orang berseragam polisi berdiri di pos securiti dan mengatur kendaraan yang keluar dari halaman sekolah, Kamis (15/04/2021).

“Saya kira ada razia atau ada masalah apa sehingga banyak polisi di depan sekolah, ternnyata mereka petugas keamanan sekolah,” ujar warga yang enggan namanya disebutkan.

Akhir-akhir ini memang ada perbedaan yang mencolok pada seragam anggota satuan pengamanan (satpam), yang terlihat seperti seragam polisi.

Para anggota satpam menggunakan seragam atasan berwarna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua, disertai tanda kepangkatan di pundak. Tentu saja ada latar belakang yang menyebabkan seragam satpam saat ini berubah menjadi seperti seragam polisi.

Sejak Agustus 2020, seragam dinas harian anggota satpam yang semula terdiri dari atasan putih dan bawahan biru tua, diubah menjadi atasan dan bawahan coklat muda dan coklat tua, layaknya seragam polisi.

Perubahan ketentuan seragam satpam ini tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Jenderal Idham Azis, pada 5 Agustus 2020.

Seragam satpam baru berwarna coklat itu disertai pangkat, seperti layaknya seragam polisi. Tingkatannya, tanda pangkat pelaksana dengan segita satu buah, pelaksana madya dengan segitiga dua buah, dan pelaksana utama dengan segitiga tiga buah.

BACA: Wakil Wali Kota Batam dan Istri Positif Covid-19 Dirawat di RS Awal Bros

BACA:Kasus Covid-19 Batam dan Tanjungpinang Melonjak, Gubernur Kepri Ingatkan Lansia Sangat Rentan Terjangkit

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.