Hubungan Amerika Serikat dan Rusia Semakin Memanas

Editor: Yeni

Foto: Vladimir Putin dan Joe Biden (BBC World)
Foto: Vladimir Putin dan Joe Biden (BBC World)

SURYAKEPRI.COM – Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Rusia kian memanas. Hubungan yang memanas ini dimulai saat AS mengusir sejumlah diplomat Rusia.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (15/4) waktu setempat, otoritas AS mengumumkan penjatuhan sanksi-sanksi ekonomi terbaru untuk Rusia dan pengusiran 10 diplomat Rusia di wilayahnya. Langkah itu merupakan balasan atas campur tangan Rusia dalam pemilu AS, serangan siber besar-besaran yang didalangi peretas AS dan berbagai aktivitas jahat Rusia lainnya terhadap AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam pernyataannya menegaskan bahwa tanggapan dari Rusia untuk sanksi baru AS ‘tak terelakkan’. Dia juga mengungkapkan bahwa Rusia memanggil Duta Besar AS di Moskow, John Sullivan, untuk meminta penjelasan soal langkah AS tersebut.

BACA JUGA: 

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyerukan Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk meredakan ketegangan terkait Ukraina dalam percakapan telepon terbaru. Biden juga mengajak Putin untuk bertemu guna membahas situasi terkini di perbatasan Ukraina setelah Rusia menambah pengerahan militer.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (14/4/2021), Gedung Putih dan Kremlin melaporkan bahwa percakapan telepon terbaru antara Biden dan Putin dilakukan pada Selasa (13/4) waktu setempat. Itu menjadi komunikasi kedua antara keduanya sejak Biden menjabat pada Januari lalu.