Friday, April 19, 2024
HomeBatamJemaah Masjid Nurul Jannah Tiban BTN Panen Sayuran Hidroponik

Jemaah Masjid Nurul Jannah Tiban BTN Panen Sayuran Hidroponik

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Memanfaatkan lahan halaman masjid, ibu-ibu wirid dan pengurus Masjid Nurul Jannah Tiban BTN, Batam menikmati panen sayur-sayur hidroponik secara gratis, Minggu (18/04/2021).

Panen perdana sayuran hidroponik ini disambut gembira oleh para ibu yang bergabung dalam perkumpulan wirid, pengurus dan warga sekitar Masjid Nurul Jannah Tiban BTN. Mereka mendapat sayuran segar gratis untuk dibawa pulang.

Ir Sulistyana MT, Ketua Pengurus Masjid Nurul Jannah Tiban BTN mengatakan, pertanian hiroponik di halaman masjid ini dilaksanakan sebagai kegiatan sampingan ibu-ibu wirid dan mengakomodir ketrampilan jama’ah dan memanfaatkan lahan sisa lahan di sekitar masjid.

“Hasilnya untuk para jama’ah dan warga lingkungan dengan branding ” NJ-Fresh ” sayur segar Nurul Jannah,” kata Sulistyana.

Dikatakan, kegiatan ini didukung oleh Junaedi, pengurus masjid yang merupakan ahli dalam bidang hidroponik.

“Ini membuktikan kita bisa memanfaatkan lahan yang tidak digunakan untuk kegiatan positif untuk pengurus bahkan warga sekitar masjid.” ujarnya.

ibu-ibu  wirid dan pengurus Masjid Nurul Jannah Tiban BTN, Batam menikmati panen sayur-sayuran  gratis di lokasi petanian  hidroponik di halaman Masjid Nurul Jannah Tiban BTN, Batam , Minggu (18/04/2021). Foto: ist
ibu-ibu wirid dan pengurus Masjid Nurul Jannah Tiban BTN, Batam menikmati panen sayur-sayuran gratis di lokasi petanian hidroponik di halaman Masjid Nurul Jannah Tiban BTN, Batam , Minggu (18/04/2021). Foto: ist

Junaedi, pengurus sayur hidroponik mengaku awalnya pengembangan sayur hidroponik ini sebagai kegiatan sedokah dari seorang jemaah.

“ini salah satu jemaah bersedokah sepupaya beranjut dan menghijaukan lingkungan masjid. Nanti akan dibuat lagi sehingga masjid ini selain sebagai tempat beribadah juga memberikan manfaat bagi jemaah dan lingkungan. Ini produk sayurnya premium sehingga kedepannya bisa saja sayurnya dikomersilkan,” ujar Junaedi yang mengaku bertugas sebagai tukang kebunnya saja.

BACA:Menjaga Sistem Imun Tubuh Saat Puasa, Perhatikan Asupan Protein dan Cara Olahnya

BACA:Rindu Puasa Ramadhan! Berikut Beberapa Lokasi Bazar Ramadhan Ramai Diburu Warga Batam

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER