Virus Corona India Menggila, Delapan Singa Asia di Kebun Binatang India Positif Covid-19

Singa Asia, Ambar, di dalam kandang terbukanya di The Kamla Nehru Zoological Garden di Ahmedabad, dokumentasi pada 9 Maret 2016.(KC/AFP PHOTO)
Singa Asia, Ambar, di dalam kandang terbukanya di The Kamla Nehru Zoological Garden di Ahmedabad, dokumentasi pada 9 Maret 2016.(KC/AFP PHOTO)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NEW DELHI, SURYAKEPRI.COM – Virus Corona di India benar-benar menggila. Bahkan delapan singa di The Kamla Nehru Zoological Garden di Ahmedabad ikut terjangkit dan positif Covid-19.

Temuan ini diyakini sebagai kasus pertama yang menginfeksi jenis hewan tesebut di negara itu. Pejabat di Nehru Zoological Park (NZP) dilaporkan memutuskan untuk melakukan uji Covid-19 kepada singa Asia.

Pengujian dilakukan setelah dokter hewan yang bekerja di kebun binatang memperhatikan bahwa hewan tersebut memiliki gejala virus, termasuk kehilangan nafsu makan dan batuk.

Sampel delapan singa yang diuji menggunakan RT-PCR, menunjukkan hasil positif untuk virus corona, menurut The Center for Cellular and Molecular Biology (CCMB).

Tepatnya ada empat jantan dan empat betina, dari total 12 singa di area safari seluas 40 hektar itu dinyatakan positif virus corona, menurut Times of India. Kurator dan direktur NZP tidak mengonfirmasi atau menyangkal berita tersebut.

Mereka mengklaim belum menerima laporan RT-PCR. “Memang benar bahwa singa menunjukkan gejala Covid tetapi saya belum menerima laporan RT-PCR dari CCMB dan karenanya tidak pantas untuk berkomentar. Singa-singa itu baik-baik saja,” kata Dr Siddhanand Kukrety melansir Daily Mail pada Rabu (5/5/2021).

Sementara Subhadra Devi, Kurator NZP, menambahkan: “Saat kami melihat gejala keluarnya cairan dari hidung singa yang bertempat di kandang Lion Safari, kami memutuskan segera mengirim sampel untuk menguji kemungkinan infeksi virus.”

Menurut S Kukrety, APCCF dan Direktur Kebun Binatang, Telangana, singa tersebut sekarang telah diisolasi dari hewan lain di kebun binatang. “Mereka menerima perawatan yang sesuai dan perawatan yang diperlukan. Mereka juga merespons pengobatan dan pemulihan dengan baik.”

Menurut sumber Daily Mail, dokter hewan disarankan untuk mengambil sampel dari singa setelah manajemen diberitahu tentang gejala tersebut, yang kemudian dikirim ke CCMB di Hyderabad untuk pengujian.

Dokter hewan lapangan mengambil sampel dari oropharyngeal (bagian tengah faring di belakang mulut), yang kemudian diberikan ke Laboratory for Conservation of Endangered Species di CSIR-Center for Cellular and Molecular Biology (LaCONES-CCMB).

Genom sampel Covid-19 dari singa dianalisis dan hasilnya diyakini bukan merupakan jenis varian yang banyak di khawatirkan, menurut pernyataan CCMB. Infeksi lainnya Dr Karthikeyan Vasudevan, ilmuwan yang bertanggung jawab di LaCONES-CCMB, mengatakan: “Sejak pandemi dimulai, banyak kebun binatang dan peternakan telah melaporkan bahwa hewan telah terinfeksi dari manusia.

“Sangat penting untuk mengikuti dengan ketat peraturan keselamatan di kebun binatang India saat ini, untuk menghindari penularan infeksi ke hewan.”

“Kami harus berhati-hati saat mendokumentasikan berbagai gejala yang disebabkan oleh infeksi virus corona pada hewan, serta mengembangkan cara non-invasif untuk mendapatkan sampel dari hewan.”

“Mendapatkan sampel swab dari hewan sangat sulit,” terangnya.

BACA:Rumah Sakit di India Teriak Minta Tolong, India Sumbang 46 Persen Kasus Baru Covid-19 di Dunia

BACA:NGERI. Total Kasus Covid-19 India Tembus 20 Juta Lebih

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.