Gunung Sinabung ‘Batuk’ Lagi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2800 Meter

Foto Gunung Sinabung
Foto Gunung Sinabung
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Petugas pengamat Gunung Sinabung Armen Putra membenarkan peningkatan aktivitas vulkanik dari dalam perut gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Armen menjelaskan, untuk erupsi tadi tercatat terjadi sekira pukul 09.08 WIB  pada jumat (7/5/2021) pagi

“Ya benar, tadi Sinabung kembali mengalami erupsi sekira pukul 09.08 WIB,” ujar Armen.

Ia menjelaskan, pada aktivitas erupsi kali ini pihaknya mencatat Sinabung kembali mengeluarkan material berupa abu vulkanik setinggi kurang lebih 2.800 meter dari puncak gunung.

.Baca : Gunung Merapi Keluarkan 3 Kali Awan Panas Dalam Durasi 6 Jam

.Baca : Gempa M 5,8 di Tuapejat Sumatera Barat

Dirinya mengatakan, untuk kolom abu yang berhasil teramati secara visual berwarna kelabu pekat ini terlihat condong mengarah ke arah timur.

“Untuk tinggi kolomnya setinggi 2.800 meter, tadi kita lihat pertama condong mengarah ke arah Timur, tapi tidak berselang lama arah angin berubah ke Barat. Sehingga kita lihat kolom abunya terlihat masih di sekitar puncak dan kembali tinggi,” ucapnya.

Berdasarkan catatan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, pada  erupsi ini getaran yang ditimbulkan dari dalam perut Gunung Sinabung ini tercatat di alat pendeteksi getaran atau seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm. Dengan durasi kurang lebih selama lima menit 56 detik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.