Friday, March 29, 2024
HomeBatamSempat Kontraksi, Pertumbuhan Ekonomi Kepri Tunjukkan Tren Positif di Tahun Kedua Pandemi

Sempat Kontraksi, Pertumbuhan Ekonomi Kepri Tunjukkan Tren Positif di Tahun Kedua Pandemi

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Tahun Kedua Provinsi Kepulauan Riau menghadapi pandemi Covid-19, tren positif pertumbuhan ekonomi masih terlihat walau sempat alami kontraksi hingga -1,19 persen.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Musni Hardi K Atmaja mengatakan salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut pada triwulan I tahun 2021 ini, adalah aktifitas masyarakat yang mulai alami gairah.

Namun sebagai catatan Bank Indonesia Kantor Perwakilan (Kpw) Kepri, yang mengharapkan seluruh stakeholder terkait dan Pemerintah Daerah agar dapat tetap menjaga trend ini, dan melakukan upaya serta terobosan guna mencapai angka positif.

“Perbaikan perekonomian Kepri tersebut dipicu oleh meningkatnya aktivitas masyarakat. Jumlah ini lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi hingga -4,46%,” paparnya, Kamis (13/5/2021).

Dari sisi lapangan usaha, perekonomian Kepri masih ditopang industri pengolahan yang terus meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

“Sektor ini memiliki share sebesar 41,97% yang tercatat tumbuh sekitar 7,33% (yoy). Konstruksi dengan share sebesar 19,25 % yang tumbuh sebesar 0,05% (yoy). Setelah sebelumnya mengalami kontraksi sebesar -9,24% (yoy),” katanya,

Sementara itu, Musni merinci, dari sisi pengeluaran, perekonomian Kepri didorong oleh konsumsi rumah tangga (RT) dan investasi (PMTB) yang masing-masing tumbuh sebesar -0,66% (yoy) dan 0,06% (yoy), lebih baik dibanding triwulan sebelumnya.

BACA:Usulan Mencabut PP 62/2019 Mencuat, Anggota DPR RI Sebut Terlalu Berkepentingan

BACA:Ekspor Hasil Industri dari Batam Sumbang 79 Persen terhadap Ekspor Hasil Industri Kepri di Triwulan I 2021

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER