Sang Sultan Kota Batam, Yang Akhirnya Wajah nya Diketahui

Editor : Sudianto Pane

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad Saat Melihat Sketsa Potret Raja Ali Haji
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad Saat Melihat Sketsa Potret Raja Ali Haji
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – 18 Desember setiap tahun nya selalu diperingati sebagai Hari Jadi Kota Batam. Namun tahukah anda bahwa pada tanggal tersebut, bertepatan dengan awal kepemimpinan Sultan pertama yang dimiliki oleh Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata membenarkan hal ini, dimana pada tanggal tersebut merupakan hari pertama Raja Ali Haji, diberi mandat oleh Sultan Abdul Rahman Muazzam Syah, untuk mengembangkan wilayah Nongsa dan sekitarnya pada 18 Desember 1829.

“Hal ini kemudian harus kita berikan penghargaan, dengan mencoba menghadirkan sketsa potret dari sang Sultan,” paparnya, Sabtu (15/5/2021).

.Baca : Zakat Idul Fitri Kota Batam Tahun 2021 Capai Rp 23 Miliar

.Baca : Sukses di Batam, SPARTA Smart Solution Jadi Incaran

Namun dalam proses nya, pihak Disbudpar Kota Batam juga sempat mengalami kendala dikarenakan kurangnya referensi mengenai bagaimana sosok Raja Ali Haji.

Hal ini kemudian menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, yang kini mengelola satu-satunya Museum yang terletak di Dataran Engku Putri Batam Center yang juga diberi nama Museum Batam Raja Ali Haji.

“Beruntungnya, di Hari Jadi Batam ke 191 tahun lalu. Kita bisa melihat seperti apa sosok Raja Ali Haji, setelah proses panjang akhirnya kita bisa menggambar sketsa beliau dan dipajang di aula utama,” tuturnya.

Selain penamaan berbagai lokasi dan museum ini sendiri, Ardi panggilan nya mengaku sangat terbantu dalam terwujudnya sketsa Raja Isa Bin Ali tersebut.

Mengenai proses ini sendiri, Ardi bahkan menuturkan bahwa hal ini sebenarnya telah dimulai jauh sebelum kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.