Hasan Abu-Harbid, Komandan Jihad Islam Tewas, Hamas Ancam Serang Tel Aviv

Jet Angkatan Udara Israel menewaskan Hasan Abu-Harbid, Senin (17/5/2021). Dia disebut sebagai pemimpin operasi dominan Jihad Islam selama 15 tahun terakhir. IDF mengatakan bahwa Abu-Harbid berada di balik penembakan, peluncuran roket, dan peluru kendali anti-tank yang melukai warga sipil Israel. Kanan: lokasi Abu-Harbid ditembak mati. (Foto dari Kurir.rs)
Jet Angkatan Udara Israel menewaskan Hasan Abu-Harbid, Senin (17/5/2021). Dia disebut sebagai pemimpin operasi dominan Jihad Islam selama 15 tahun terakhir. IDF mengatakan bahwa Abu-Harbid berada di balik penembakan, peluncuran roket, dan peluru kendali anti-tank yang melukai warga sipil Israel. Kanan: lokasi Abu-Harbid ditembak mati. (Foto dari Kurir.rs)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

GAZA CITY, SURYAKEPRI.COM – Hamas mengancam akan menyerang Tel Aviv setelah komandan Jihad Islam, Hasan Abu-Harbid, tewas oleh serangan angkatan udara Israel, Senin (17/5/2021).

Juru bicara Hamas Abu Obeida memperingatkan Israel bahwa mereka akan melanjutkan penembakan roket ke arah Tel Aviv setelah Angkatan Udara Israel menghantam gedung tinggi lainnya dan beberapa gedung lainnya di Jalur Gaza.

“Musuh kriminal Zionis telah meningkatkan pemboman rumah dan apartemen sipil dalam beberapa jam terakhir,” katanya.

“Kami memperingatkan musuh bahwa jika mereka tidak segera berhenti membom rumah-rumah sipil – kami akan kembali mengebom Tel Aviv. Kami akan mengaturnya kembali di bawah jangkauan roket kami,” ancam Abu Obeida.

BACA JUGA: 

Sebelumnya pada hari Senin komandan senior Jihad Islam Palestina Hasan Abu Harbid tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara ketika roket terus ditembakkan ke arah komunitas Israel selatan.

Dikutip dari Jerusalem Post, Senin (17/5/2021), IDF mengatakan bahwa Abu-Harbid, yang tewas dalam operasi gabungan dengan dinas intelijen Shin Bet, memimpin divisi organisasi teror Jalur Gaza utara sejak 2019 ketika pendahulunya Baha abu al-Atta tewas dalam pembunuhan yang ditargetkan oleh IDF.

Hasan Abu-Harbid, yang merupakan operasi dominan dalam kelompok itu selama 15 tahun terakhir, berada di balik penembakan, peluncuran roket, dan peluru kendali anti-tank yang melukai warga sipil Israel.

Setelah pembunuhannya, roket diluncurkan ke arah komunitas Israel di dekat perbatasan serta Asdod, Ashkelon, Kiryat Malachi dan Bersyeba. Satu rumah di Ashdod terkena hantaman langsung roket, mengakibatkan tiga orang luka ringan.

Juru Bicara IDF Brigjen Hidai Zilberman mengatakan kepada wartawan bahwa tak lama setelah pembunuhan Abu-Harbid, militer menargetkan sebuah mobil di dekat pantai Gaza di sektor utara Jalur itu dengan operasi serta kapal angkatan laut submersible otonom.

“Kami mengakui persiapan untuk serangan maritim,” kata Zilberman, menambahkan bahwa kapal maritim itu telah dibawa ke pantai dan dalam perjalanannya untuk melakukan “serangan teror di perairan Israel” ketika dihantam dan hancur total. Beberapa operator yang berada di dalam mobil tersebut tewas.

Israeli Air Force (IAF) juga menghantam ratusan kilometer jaringan terowongan bawah tanah “Metro” Hamas untuk ketiga kalinya dalam semalam pada hari Senin.

Menghancurkan jalur sepanjang 15 kilometer yang disebut garis “C”. Dikatakan bahwa  serangan tersebut “adalah bagian dari operasi luas oleh IDF yang secara signifikan merusak sistem bawah tanah kelompok milisi di Gaza.

Serangan itu termasuk 54 jet tempur yang menjatuhkan sekitar 110 amunisi presisi pada 35 target dalam 20 menit.

Pada hari Jumat, IAF melancarkan serangan terhadap “Fase B” Metro Hamas di bawah barat laut dan tengah Gaza dengan mengerahkan puluhan pesawat dan sekitar 100 amunisi presisi.

Menurut juru bicaranya, Hamas menghabiskan puluhan juta dolar untuk membangun aset strategis ini.

“Setiap meter terowongan menghabiskan biaya sekitar $ 500 [jadi] satu kilometer menghabiskan biaya setengah juta dolar [sekitar Rp7,1 miliar],” kata Brigjen Hidai Zilberman. “Bisa dibayangkan untuk apa lagi mereka menghabiskan uang itu,” imbuh dia.

IAF Hancurkan Sembilan Rumah Pemimpin Hamas 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.