Ini Informasi Lengkap Seputar Penerimaan CPNS dan PPPK 2021

Foto Ilustrasi Seleksi CPNS
Foto Ilustrasi Seleksi CPNS
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah akan segera membuka pendaftaran Seleksi CASN untuk kategori PPPK dan CPNS 2021. Saat ini, persiapan pendaftaran CPNS dan PPPK terus dilakukan.

Pendaftaran CPNS 2021 dan PPK rencananya dibuka pada 31 Mei sampai 21 Juni 2021. Proses pendaftaran CPNS dan PPPK akan dilakukan beriringan.

Usai pendaftaran, proses seleksi CPNS dan PPPK akan berlangsung mulai Juli hingga Oktober 2021. Sementara pengumumannya akan disampaikan pada November 2021.

.Baca : Kabar Gembira, Pendaftaran CPNS 2021 segera Dibuka, Perhatikan 10 Poin Ketentuan Ini

Proses pendaftaran akan dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) BKN. Hal ini berkaca pada pertimbangan animo peserta yang begitu banyak di tahun lalu.

“Seleksinya bulan Juli sampai Oktober karena banyak sekali, tahun lalu ada 4 juta pelamar. Proses seleksinya juga cukup lama,” ujar Plt Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Teguh Widjanarko, beberapa waktu lalu.

Adapun total kebutuhan CASN 2021 sebanyak 1.275.384 formasi. Kebutuhan ini terdiri untuk pemerintah pusat 83.669 formasi, dan pemerintah daerah 1.191.718 formasi.

Sedangkan untuk kebutuhan pemerintah daerah terdiri dari PPPK guru sebanyak 1.002.616 formasi, PPPK non-guru sebanyak 70.008 formasi, dan CPNS 119.094 formasi.

Satu Portal

Kepala BKN Bima Haria Wibisana, sebelumnya memastikan hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja, yaitu portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Portal ini disebut akan mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran secara terpusat melalui laman SSCASN, sscasn.go.id, yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

.Baca : Pemkab Karimun Tinggal Tunggu Izin Pusat Buka Penerimaan CPNS Tahun Ini

Bima menyebut BKN telah meningkatkan fitur teknologi dalam SSCASN, di mana peserta seleksi ASN sudah tidak perlu lagi mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

“Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti,” jelas dia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.