Asal-usul Covid-19:
Mantan Menlu AS Mike Pompeo: Lab Wuhan Gabungkan Penelitian Sipil dan Militer

Presiden Joe Biden telah memberi tahu komunitas intelijen untuk 'menggandakan' upaya tentang asal-usul virus

Mike Pompe, Menlu AS di bawah pemerintahan Donald Trump. (Foto dari Vox.com)
Mike Pompe, Menlu AS di bawah pemerintahan Donald Trump. (Foto dari Vox.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan pada Sabtu (29/5/2021) bahwa Institut Virologi Wuhan (WIV) terlibat dalam aktivitas militer bersama penelitian sipilnya.

Pompeo mengungkapkan hal itu di tengah pengawasan baru terhadap teori bahwa pandemi Covid-19 muncul dari laboratorium rahasia.

“Apa yang dapat saya katakan dengan pasti adalah ini: kami tahu bahwa mereka terlibat dalam upaya yang terkait dengan Tentara Pembebasan Rakyat di dalam laboratorium itu, jadi aktivitas militer yang dilakukan bersamaan dengan apa yang mereka klaim hanyalah penelitian sipil yang baik,” kata Pompeo kepada ” Fox & Friends Weekend.”

“Mereka menolak untuk memberi tahu kami apa itu, mereka menolak untuk menjelaskan sifat salah satu dari mereka, mereka menolak untuk mengizinkan akses ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ketika mencoba masuk ke sana.”

BACA JUGA: 

Meskipun diterima secara luas bahwa pandemi berasal dari Wuhan, masih diperdebatkan apakah itu berasal dari pasar basah terdekat [Pasar Huanan] atau dari lembaga rahasia.

Pemerintahan Donald Trump pernah secara gencar melontarkan teori kebocoran laboratorium [lab escape], tetapi diremehkan oleh media arus utama dan beberapa ahli, yang menyatakannya sebagai teori konspirasi.

Tetapi itu telah mendapatkan daya tarik lagi dalam beberapa pekan terakhir, terutama setelah China menghalangi penyelidikan Organisasi Kesehatan Dunia tentang asal-usul virus corona penyebab Covid-19, dan melaporkan bahwa beberapa pekerja laboratorium dirawat di rumah sakit pada November dengan gejala mirip Covid-19.

Komunitas intelijen mengatakan minggu ini sedang bekerja “secara agresif” untuk menyelidiki asal usul virus – dan akan melaporkan kembali ke Joe Biden dalam waktu 90 hari.

“Komunitas Intelijen AS belum tahu persis di mana, kapan, atau bagaimana virus Covid-19 awalnya ditularkan, tetapi telah bergabung di sekitar dua kemungkinan skenario: apakah itu muncul secara alami dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi atau itu adalah kecelakaan laboratorium,” kata Asisten Direktur Intelijen Nasional untuk Komunikasi Strategis Amanda Schoch mengatakan dalam sebuah pernyataan, Kamis.

Institut Virologi Wuhan, salah satu laboratorium penelitian virus top China, membuat arsip informasi genetik tentang virus corona kelelawar setelah wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) 2003 dan telah menghadapi kritik atas transparansi selama pandemi Covid-19.

Namun bagi pejabat Trump, ini sudah menjadi sesuatu yang mereka curigai sejak lama. Presiden Trump percaya teori itu kredibel dan menyatakan dirinya diakui minggu ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.