Mantan PM Australia Kevin Rudd Ajak Seluruh Dunia Melawan China 

Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd. (Foto: Reuters via BBC)
Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd. (Foto: Reuters via BBC)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Mantan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd menyerukan negara-negara untuk harus bersatu melawan tekanan ekonomi dan geopolitik China yang berkembang atau berisiko disingkirkan dan dihukum oleh Beijing.

Kevin Rudd mengatakan pemerintah di Barat tidak perlu takut untuk menantang China dalam masalah seperti hak asasi manusia.

Di seluruh dunia, negara-negara sedang menjalani tatanan geopolitik baru yang dibingkai oleh meningkatnya dominasi China.

“Jika Anda akan memiliki perselisihan dengan Beijing, seperti yang dilakukan banyak pemerintah di seluruh dunia sekarang, jauh lebih baik untuk mencapai posisi itu bersama dengan negara lain daripada secara sepihak, karena itu mempermudah China untuk menggunakan pengaruh bilateral terhadap Anda,” kata Rudd kepada program Talking Business Asia BBC.

BACA JUGA:

Komentarnya muncul ketika hubungan antara Australia dan China memburuk ke titik terburuk mereka dalam beberapa dekade.

Hubungan kedua negara memburuk setelah serangkaian pukulan ekonomi dan diplomatik yang ditangani oleh masing-masing pihak.

Australia telah membatalkan perjanjian yang terkait dengan proyek infrastruktur besar-besaran China, Belt and Road Initiative. Itu juga melarang perusahaan telekomunikasi China Huawei membangun jaringan 5G negara itu.

Tapi itu juga merupakan seruan Australia untuk menyelidiki asal-usul pandemi virus corona yang memicu badai baru antara kedua belah pihak.

China dinilai tidak transparan mengenai asal-usul virus corona yang diduga bocor dari Laboratorium Institut Virologi Wuhan. Lokasi laboratorium itu berada di episentrum awal pandemi Covid-19 yang telah merenggut lebih dari 3 juta jiwa sejak meledak pada Desember 2019.

China membalas dengan memberikan sanksi pada impor Australia – termasuk anggur, daging sapi, lobster, dan barley – dan telah mengisyaratkan lebih banyak kemungkinan akan datang.

Beijing juga telah menangguhkan dialog ekonomi utama dengan Canberra, yang secara efektif berarti tidak ada kontak tingkat tinggi untuk memuluskan semuanya.

Sebuah Medan Pertempuran Baru

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.