Organisasi Adat Desak Pemerintah Kanada untuk Temukan Lebih Banyak Kuburan Anak Pribumi yang Hilang

Ketua  New Democratic Party (NDP) Jagmeet Singh mendesak pemerintah Kanada untuk menemukan lebiih banyak kuburan anak-anak pribumi di negeri itu. (Foto dari laprensalatina.com)
Ketua  New Democratic Party (NDP) Jagmeet Singh mendesak pemerintah Kanada untuk menemukan lebiih banyak kuburan anak-anak pribumi di negeri itu. (Foto dari laprensalatina.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TORONTO, SURYAKEPRI.COM – Organisasi adat dan partai politik Kanada, Senin (31/5/2021), desak pemerintah untuk mencari sisa-sisa jenazah anak-anak pribumi yang hilang, setelah ditemukannya kuburan massal berisi 215 jenazah anak-anak di bekas sekolah asrama negara bagian, sebuah sekolah perumahan di barat tetangga AS itu.

Perry Bellegarde, ketua Assembly of First Nations (Majelis Bangsa-Bangsa Pertama), yang mewakili kelompok penduduk asli Kanada, mendesak agar masing-masing dari lusinan sekolah perumahan yang didirikan oleh pemerintah Kanada dari tahun 1870 hingga 1996 digeledah untuk menemukan sisa-sisa jenazah anak-anak yang ditahan di dalamnya.

New Democratic Party (NDP) meminta debat darurat di House of Commons untuk membahas penemuan sisa-sisa 215 jenazah anak-anak pribumi di kota Kamloops, British Columbia. Desakan itu didukung oleh oposisi utama Partai Konservatif.

“Tidak cukup baik bagi pemerintah federal Liberal untuk hanya membuat gerakan simbolis untuk memperingati kekalahan yang mengerikan ini,” kata Ketua NDP Jagmeet Singh, yang sesekali harus menghentikan konferensi persnya, karena dia tampak begitu kesal.

BACA JUGA:

“Ini bukan situs terakhir; masih banyak lagi yang bisa ditemukan. Komunitas adat berhak mendapatkan keadilan bahwa setiap situs seperti ini terungkap,” katanya. 

Namun untuk saat ini, tampaknya pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau hanya bersedia memberikan kata-kata simpati dan tindakan samar saat penghormatan publik kepada para korban Kamloops berlangsung di seluruh negeri.

Meski telah berkali-kali ditanyai oleh media pada hari Senin tentang langkah-langkah konkret, Trudeau tidak dapat memberikan satu detail pun tentang apa yang akan dilakukan pemerintahannya.

“Sayangnya, ini bukan pengecualian atau insiden yang terisolasi. Kita tidak akan bersembunyi dari itu. Kita harus mengakui kebenaran. Sekolah perumahan adalah kenyataan – sebuah tragedi yang terjadi di sini, di negara kita, dan kita harus mengakuinya,” ujar Trudeau.

“Kami menjanjikan tindakan nyata, dan itulah cara kita mendukung para penyintas, keluarga, dan masyarakat adat,” imbuh politisi Partai Liberal itu.  

Sekolah Dijalankan Organisasi Keagamaan 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.