Saturday, May 18, 2024
HomeKarimunJemput Bola Polres Karimun Buka Layanan Samsat Sambang Pulau

Jemput Bola Polres Karimun Buka Layanan Samsat Sambang Pulau

Editor : Sudianto Pane

spot_img

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat khususnya Kabupaten Karimun, Satlantas Polres Karimun Polda Kepri meluncurkan SAMPUL atau Samsat Sambang Pulau.

Dibentuknya Program SAMPUL (Samsat Sambang Pulau) bertujuan mempermudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat yang berada di luar pulau Karimun.

“Jadi teknisnya Program SAMPUL (Samsat Sambang Pulau) ini, kami datang ke pulau di luar Pulau Karimun dengan menggunakan Kapal Satpolair Polres Karimun, masyarakat di luar pulau karimun dapat mendatangi petugas di lokasi yang telah disiapkan oleh polsek – polsek kepulauan.

.Baca : Rafiq Terancam Dinonaktifkan Sebagai Bupati Karimun Jika Tak Serius Tangani Covid-19

.Baca : TNI AL Amankan 13 Ton BBM Diduga Ilegal di Perairan Karimun, Punya Siapa?

Setelah itu dapat melakukan cek fisik kendaraan dan pembayaran pajak kendaraannya kepada petugas tanpa harus datang ke Samsat di pulau Karimun,” ujar Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, SIK, Rabu (2/6/2021).

Adenan menambahkan, semestinya memang untuk pembayaran pajak dan cek fisik kendaraan bermotor masyarakat di kepulauan diharuskan datang ke Samsat yang berada di pulau Karimun.

“Karena hal tersebut kami membuat program SAMPUL dengan maksud mempermudah masyarakat yang berada di luar pulau Karimun,” sambung Adenan.

Untuk jadwal, Kapolres menyebut anggotanya akan turun setiap dua minggu sekali atau sesuai kesepakatan petugas dengan para kapolsek di pulau.

“Pulau yang telah kami kunjungi antara lain Pulau Moro dan Pulau Kundur,” kata Adenan.

Cara ini, dikatakan Kapolres juga bisa berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan.

“Masyarakat akan sangat terbantu sekali, tidak perlu repot-repot lagi datang menyeberang ke pulau Karimun, tentu akan mengurangi biaya juga, poinnya di situ,” kata Adenan.

Berkurangnya kerumunan, juga dipercaya bisa memutuskan penyebaran mata rantai virus Corona. (*)

Penulis: Rachta Yahya

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER