RDTR 2044, Pemko Prioritas Pembangunan Sekolah, Puskesmas, dan Perkantoran

Editor : Sudianto Pane

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad
Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM,SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menegaskan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang akan dibahas untuk 2044 mendatang.

Dimana dalam RDTR ini, Pemko Batam memprioritaskan pembangunan untuk sekolah, Puskesmas, dan area perkantoran.

“RDTR ini rentangnya sampai 20 tahun kedepan. Jadi dianggap diperlukan sampai tahun 2044 yang akan datang,” ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Rabu (2/6/2021).

Adapun yang dikaji, pertama, kebutuhan sekolah dari SD, SMP dan SLTA. Kedua jumlah Puskesmas dan ketiga, sarana dan prasarana perkantoran.

Terdiri dari Kantor Camat, Kantor Lurah Kantor Polsek dan Kantor Koramil.

“Asumsi jumlah penduduk 20 tahun itu, plus minus 2,2 juta penduduk,” katanya.

.Baca : Pemko Batam Kembali Ingatkan, Ada Wilayah Prioritas Bagi PPKM Skala Mikro

.Baca : Kumpulkan Camat dan Lurah, Amsakar Desak Pembentukan Tim PPKM Mikro

Kebutuhan-kebutuhan tersebut dibahas bersama Dinas Pendidikan, Disperkimtan dan Dinas Kesehatan.

Selain itu, ada juga persoalan yang dihadapi, yakni keterbatasan lahan dan titik yang dianggap strategis udah di PL kan ke orang ketiga.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Suhar mengatakan kebutuhan yang dikaji secara mendalam itu sudah dibahas. Kemudian akan dikonfirmasi kepada BP Batam.

“Kita hanya lihat posisi lahan yang belum terbangun. Tapikan sebagian besar sudah di PLkan. Nanti akan kita bicarakan dengan BP seperti apa tindaklanjutnya,” ujar Suhar.

Diakuinya, kebutuhan ini pasti ada kriterianya. Misalnya tak mungkin perkantoran dimasukkan ke jalan lokal, seharusnya dijalan utama.

“Sebagian besar dialokasikan untuk sekolah. Intinya ini proses yang harus didudukkan dengan BP sebagai pengolah lahan,” tuturnya.

Ia menambahkan pada 7 Juni 2021 mendatang, pihaknya akan menyelesaikan delineasi kebutuhan tersebut. Kemudian dilaporkan kepada BP Batam.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.