NASA Akan Menjelajahi Planet Venus: Mengapa Tetangga Bumi Menjadi Neraka?

NASA akan menjelajahi Planet Venus dalam dua misi pada tahun 2030-1n. (Foto dari NASA)
NASA akan menjelajahi Planet Venus dalam dua misi pada tahun 2030-1n. (Foto dari NASA)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Kamis 3 Juni 2021 mengumumkan misi mereka untuk menjelajahi planet Venus. NASA berencana mengirimkan dua misi sekaligus!  

Di situs resminya yang dilihat Suryakepri.com, NASA menyebutkan telah memilih dua misi baru ke Venus, planet tetangga terdekat Bumi itu.

Bagian dari  Discovery Program NASA, misi tersebut bertujuan untuk memahami bagaimana Venus menjadi dunia seperti neraka ketika memiliki begitu banyak karakteristik lain yang mirip dengan kita [Bumi]– dan mungkin merupakan dunia layak huni pertama di tata surya, lengkap dengan lautan dan Bumi- seperti iklim.

Penelitian ini adalah pilihan terakhir dari empat konsep misi yang dipilih NASA pada Februari 2020 sebagai bagian dari kompetisi Discovery 2019 lembaga tersebut.

BACA JUGA:

Mengikuti proses peer-review yang kompetitif, kedua misi tersebut dipilih berdasarkan potensi nilai ilmiahnya dan kelayakan rencana pengembangannya. Tim proyek sekarang akan bekerja untuk menyelesaikan persyaratan, desain, dan rencana pengembangannya.

NASA menganggarkan sekitar $ 500 juta (sekitar Rp 7,1 triliun lebih) per misi untuk pengembangan. Masing-masing diharapkan akan diluncurkan sekitar tahun 2030-an.

Misi yang dipilih adalah:

DAVINCI+ (Penelitian Venus di Atmosfer Dalam untuk Gas Mulia, Kimia, dan Pencitraan)

Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gas, Chemistry, and Imaging, atau DAVINCI+ akan mengukur komposisi atmosfer Venus untuk memahami bagaimana ia terbentuk dan berevolusi, serta menentukan apakah planet tersebut pernah memiliki lautan. 

Misi ini terdiri dari menurunkan bola yang akan terjun melalui atmosfer tebal planet Venus, membuat pengukuran yang tepat dari gas mulia dan elemen lainnya untuk memahami mengapa atmosfer Venus mudah menjadi rumah kaca dibandingkan Bumi.

Selain itu, DAVINCI+ akan mengembalikan gambar resolusi tinggi pertama dari fitur geologi unik di Venus yang dikenal sebagai “tesserae,” yang mungkin sebanding dengan benua di Bumi, menunjukkan bahwa Venus memiliki lempeng tektonik. 

Ini akan menjadi misi pertama yang dipimpin AS ke atmosfer Venus sejak 1978, dan hasil dari DAVINCI+ dapat membentuk kembali pemahaman kita tentang pembentukan planet terestrial di tata surya kita dan sekitarnya. 

James Garvin dari Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, adalah peneliti utama atau pemimpin proyk ini. 

Misi VERITAS ke Planet Venus 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.