EURO 2020:
Belgia Dipenuhi Talenta Emas, Mourinho: Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Belgia bermain imbang dengan Yunani dan mengalahkan Kroasia menjelang Euro 2020. (talkSPORT)
Belgia bermain imbang dengan Yunani dan mengalahkan Kroasia menjelang Euro 2020. (talkSPORT)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
Logo EURO 2020
Logo EURO 2020

SURYAKEPRI.COM – Sekaranglah waktunya. Sekarang atau tidak sama sekali bagi ‘generasi emas’ Belgia untuk memenangkan Kejuaraan Eropa.

Demikian kata Jose Mourinho, mantan manajer Tottenham, Manchester United, dan Chelsea.

Dikutip dari talkSPORT, Kamis (10/6/2021), Jose Mourinho sangat yakin tentang ‘sekarang atau tidak sama sekali’ untuk Belgia di Euro 2020.

Pelatih Tim Nasional Belgia, Roberto Martinez, mengantar timnya menembus semi final Piala Dunia 2018 dan skuadnya telah diberi label ‘Generasi Emas’ berkat banyaknya superstar asal negara itu yang bermain di berbagai klub top di seluruh Eropa.

Banyak dari talenta top mereka menjadi pemain utama di Liga Premier Inggris. Sebanyak 18 dari 26 pemain Timnas Belgia bermain di Inggris di beberapa titik dalam karir mereka.

BACA JUGA:

Tapi mereka di antaranya juga merupakan kelompok “pemain tua” sekarang dan sebagai tim tertua kedua di turnamen EURO 2020, hanya kalah dari Swedia, dengan usia rata-rata 29,1 tahun.

Mereka jelas merupakan tim berbakat dengan kemampuan untuk menjadi kekuatan, terutama di Grup B, di mana saingan mereka adalah Rusia, Finlandia, dan Denmark.

Tapi Mourinho, yang pernah melatih para pemain seperti Eden Hazard, Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, dan Kevin De Bruyne selama menjadi manajer Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur, percaya ini bisa menjadi kesempatan terakhir mereka untuk memenangkan turnamen sebelum negara itu membangun kembali timnya dengan para talenta muda.

“Ini tim yang penuh dengan pemain bagus,” kata pelatih AS Roma itu kepada talkSPORT.

“Tentu saja, jika Anda melihat [Eden] Hazard setahun lalu, sebelum cedera yang luar biasa ini, dia akan menjadi salah satu pemain terbaik di Eropa,” kata the Special One.

Striker Romelu Lukaku telah menjadi sensasional untuk Inter Milan musim ini dan akan menjadi kunci bagi bangsanya. (talkSPORT)
Striker Romelu Lukaku telah menjadi sensasional untuk Inter Milan musim ini dan akan menjadi kunci bagi bangsanya. (talkSPORT)

Pria Portugal itu menambahkan: “Pada saat ini saya akan mengatakan Kevin De Bruyne muncul sebagai pemain yang fantastis dan [Youri] Tielemans saya yakini evolusinya sangat, sangat bagus sejak dia datang ke Liga Premier.”

“Tapi, sebagai sebuah tim, mereka telah bekerja bersama selama bertahun-tahun. Mereka adalah generasi dengan banyak pengalaman. Mereka mencapai semifinal Piala Dunia. Itu sangat berarti.”

“Saya pikir itu sekarang atau tidak sama sekali bagi mereka karena banyak pemain mencapai usia yang sempurna untuk menciptakannya [menjadi juara]. Tapi saya pikir sekarang atau tidak sama sekali, mereka bisa melakukannya.”

Dan Mourinho yakin pengaturan taktis mereka, yang terkadang mereka mainkan dengan memainkan bek sayap, bisa menjadi kunci bagi Belgia.

Dia menambahkan: “Secara individu, tentu saja, mereka memiliki pemain yang sangat bagus dan secara kolektif mereka selalu bermain dengan lima pemain ini di belakang, tetapi dengan bek sayap, untuk sebagian besar waktu, pemain sayap.”

“Mereka memiliki pemain seperti Hazard [Thorgan] muda, atau [Yannick] Carrasco, atau [Thomas] Meunier. Mereka menjadi lebih seperti pemain sayap daripada full-back,” ulas juru taktik yang pernah mengangkat trofi Liga Champions bersama Inter Milan itu.

“[Mereka] memiliki banyak kreasi, tentu saja Romelu Lukaku adalah pencetak gol yang memiliki evolusi luar biasa dalam dua tahun di sepak bola Italia.”

“Belgia sangat kuat,” tegas Jose.

Daftar Pemain Belgia di EURO 2020 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.