Kasus Covid-19 Terus Melonjak! Indonesia 2-4 Pekan ke Depan Bisa Kolaps

Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit/ Foto: kanal73.com
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit/ Foto: kanal73.com
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Indonesia mencatat penambahan 12.624 kasus baru COVID-19, Kamis (17/6/2021) sehingga total kasus positif saat ini sebanyak 1.950.276. Jika tidak disikapi serius lonjakan kasus dapat mengakibatkan fasilitas kesehatan Indonesia kolaps.

Prediksi fasilitas kesehatan di Indonesia kolaps tidak mustahil terjadi dua atau sebulan lagi jika tak ada aturan tegas yang mengawal ketatnya protokol kesehatan di masyarakat.

Peringatan serius ini diungkapkan Kabid Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane. Risiko kolap mengintau dua hingga empat pekan mendatang jika tracing, kunci pengendalian utama COVID-19 tak kunjung dijalankan dengan baik.

Jika kolaps benar terjadi, pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menggambarkan akan banyak masyarakat yang akhirnya panik massal imbas lonjakan kasus kematian COVID-19 yang tak tertangani sebelum dirawat di RS.

Bukan mustahil, Indonesia pun akan kekurangan tenaga kesehatan dan alat kesehatan penting seperti ventilator.

“Bagaimana supaya tidak terjadi kolaps? Iya harus ada upaya mencegah dari sisi inputnya, sumber di masyarakat, bicara masyarakat ini ya termasuk yang perkantoran, itu kan bagian dari masyarakat,” kata Dicky, Kamis (17/6/2021).

BACA:TNI AL Siapkan Gedung Isolasi di Pangkalan Marinir untuk Pasien Covid-19

BACA:Jumlah Pasien Covid Meningkat, Bintan Ditetapkan Sebagai Zona Oranye

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.