Friday, March 29, 2024
HomeTipsHindari Pikun Saat Usia Tak Lagi Muda, Ini Tipsnya

Hindari Pikun Saat Usia Tak Lagi Muda, Ini Tipsnya

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Pikun sering dikaitkan dengan masalah penurunan fungsi otak pada lansia. Pikun sebenarnya merupakan hal yang normal, terlebih seiring dengan pertambahan usia.

Pikun berhubungan dengan kecerdasan kognitif yang membantu manusia untuk berpikir, belajar, mengontrol emosi, dan mengingat.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pikun merupakan sinyal penurunan kecerdasan kognitif khususnya pada orang berusia lanjut.

Meski tak dapat dihindari, namun pikun bisa dicegah atau diperlambat datangnya.

Berikut 5 cara mempertahankan kesehatan kognitif dan mencegah pikun pada lansia dari GrabHealth powered by Good Doctor.

1. Rutin berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa selain membuat tubuh sehat dan bugar, berolahraga dapat meningkatkan fungsi kerja otak dan memperlambat proses cognitive ageing. Gerakan dalam berolahraga juga melatih otak untuk lebih fokus.

Pada lansia, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang seperti berjalan cepat atau jogging. Lakukan olahraga minimal 30 menit selama 3-5 kali seminggu.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan protein

Kandungan vitamin dan protein yang ada di dalam sayur dapat mencegah penurunan fungsi kerja otak.

Sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam mengandung vitamin K yang bertugas memperlambat terjadinya cognitive ageing.

Ikan juga menjadi salah satu rekomendasi makanan yang dapat memperlambat cognitive ageing karena kandungan proteinnya yang tinggi.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER