PERUBAHAN IKLIM, Parasit Pemakan Daging Bisa Merajalela dan Mematikan!

Para ilmuwan memperingatkan bahwa saat planet ini menghangat, lebih banyak orang Amerika dapat terkena varietas parasit Leishmania. Parasit ini berbahaya dan mengancam Jiwa. Tiap tahun bunuh 70 ribu orang 

Leishmania sp. protozoa, ilustrasi komputer. Parasit ini menyebabkan penyakit tropis leishmaniasis. Kredit: Kateryna Kon Alamy
Leishmania sp. protozoa, ilustrasi komputer. Parasit ini menyebabkan penyakit tropis leishmaniasis. Kredit: Kateryna Kon Alamy
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Tiga tahun lalu, Laura Gaither dan keluarganya menghabiskan liburan musim panas mereka di Panama City Beach, Florida.

Suatu sore, saat membilas pasir dari kakinya, penduduk Alabama berusia 35 tahun merasakan sesuatu menggigit kakinya dan melihat serangga hitam kecil di kulitnya.

Gaither menepisnya, dan kemudian, ketika dia menjelaskan gigitannya kepada penduduk setempat, mereka menjelaskan bahwa dia kemungkinan digigit lalat pasir.

Tiga dari lima anak Gaither juga digigit, tapi dia tidak khawatir. Bekas gigitan pada kaki dan lengan mereka tampak seperti gigitan semut atau nyamuk, yang dapat menyebabkan rasa terbakar dan gatal, tetapi biasanya hilang dalam waktu seminggu.

BACA JUGA:

Tetapi sekitar dua minggu kemudian, di rumah, Gaither memperhatikan bahwa gigitannya telah berubah menjadi luka kecil menganga.

Lukanya memburuk selama beberapa minggu berikutnya, tetapi ketika dia membawa anak-anaknya ke dokter anak mereka; “dia hanya menghubungkannya dengan eksim,” kata Gaither.

Akhirnya Gaither membawa putrinya yang masih kecil, yang kondisinya paling memprihatinkan, ke ruang gawat darurat di Children’s of Alabama, di mana dia diuji untuk infeksi jamur dan bakteri.

Hasilnya kembali negatif, dan krim topikal antijamur dan steroid yang diresepkan dokter terbukti tidak efektif. Sementara itu, borok terus bertambah besar dan lebih menyakitkan.

Gaither mulai melakukan penelitiannya sendiri dan belajar tentang penyakit pemakan daging yang disebut leishmaniasis kulit (diucapkan leash-ma-NYE-a-sis).

Penyakit kulit ini disebabkan oleh lebih dari 20 spesies dari Leishmania parasit. Ini dapat ditularkan ke manusia melalui gigitan beberapa lalat pasir setelah lalat itu sendiri terinfeksi oleh hewan—biasanya hewan pengerat di Amerika Serikat—yang darahnya dimakan serangga.

Lalat pasir berkembang biak di pantai berpasir yang panas dan di daerah pedesaan, dan mereka sangat melimpah di Florida pada tahun 2018, Gaither diberitahu selama kunjungannya.

Leishmaniasis, sebagaimana dielajari Gaither, adalah hal umum di negara-negara tropis dan subtropis seperti Brasil, Meksiko, dan India.

Dia melihat melalui makalah peer-review, di sana ada gambar luka leishmaniasis yang sangat mirip dengan apa yang dialaminya sendiri: borok seperti kawah yang dilapisi nanah kental berwarna kekuningan.

Ketika kunjungan dokter pada anak-anaknya dan di UGD, Gaither bertanya kepada dokternya tentang parasit tersebut. Mereka menepis kemungkinan bahwa keluarga itu mungkin tertular penyakit tropis tanpa bepergian ke luar negeri, katanya.

“Tidak ada yang akan menghibur [dari] apa yang saya katakan.” Yaitu, sampai luka di lutut Gaither memburuk dan, dengan berbekal makalah penelitian, dia meyakinkan dokternya sendiri untuk menguji biopsi untuk leishmaniasis. Hasilnya tidak meyakinkan.

Untungnya, saat ini luka anak-anak sudah mulai sembuh. Tiga bulan setelah muncul, borok benar-benar hilang, membuat Gaither bertanya-tanya apa yang sebenarnya yang menyebabkannya.

Sementara cobaan berat keluarganya telah berakhir, para ilmuwan mengatakan kisah leishmaniasis di AS baru saja dimulai.

Orang Amerika, ternyata, bisa terkena parasit Leishmania tanpa meninggalkan negara itu. Parasit itu saat ini endemik di Texas dan Oklahoma, dan studi baru menunjukkan bahwa mereka mungkin ada di negara bagian lain, termasuk Florida.

Sementara kasus leishmaniasis yang dilaporkan di AS saat ini dapat diabaikan, mereka mungkin akan segera meningkat: Karena perubahan iklim mendorong habitat hewan pengerat dan lalat pasir ke utara, para ilmuwan memperingatkan bahwa di masa depan, semakin banyak penduduk AS dapat terkena berbagai jenis parasit pemakan daging.

Mengancam Jiwa, Tiap Tahun Bunuh 70 Ribu Orang  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.